Untuk Penanggulangan Bencana, Sinjai Siap Jalankan Amanah Presiden

Untuk Penanggulangan Bencana, Sinjai Siap Jalankan Amanah Presiden

Jumat, 07 Februari 2020,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Kabupaten Sinjai sebagai salah satu wilayah dalam kesatuan Republik Indonesia siap menjalankan amanah presiden dalam menaggulangi bencana.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas BNPB) 2020 di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (4/2/2020) lalu.

Menurut Kartini, apa yang diamanahkan Presiden Joko Widodo, saat membuka membuka Rakornas BNPB, yang meminta seluruh daerah bersama-sama mencegah dan memperbaiki manajemen penanggulangan bencana siap dan sedang dilaksanakan di Kabupaten Sinjai.

“Di Sinjai sendiri untuk memperbaiki manajemen penanggulangan bencana sudah dilakukan dengan membentuk tim satgas penanggulangan Bencana alam Kabupaten Sinjai 2020. Tim ini mencakup seluruh elemen masyarakat, organisasi sosial,  pemerintah dan TNI-Polri,” jelas Kartini.

Dikatakannya, tim tersebut tidak hanya bekerja saat ada bencana. Tapi sejak terbentuk, tim itu terus melakukan berbagai upaya mulai dari pencegahan hingga meminimalisir   akibat yang ditimbulkan.

“Tim ini bekerja bahu membahu melakukan pembenahan, mulai dari pembenahan drainase yang mengalami pendangkalan, hingga pemangkasan pohon yang membahayakan,” ujarnya.

Mantan wakil ketua DPRD Sinjai ini menambahkan, Presiden juga meminta agar jangan hanya pembangunan fisik sarana prasarana, atau infrastruktur yang diperhatikan tapi ada yang lebih penting yaitu manajemen penanggulangan bencana. Ini penting untuk meminimalisir korban.

“Presiden juga meminta para bupati, wali kota, dan gubernur agar segera menyusun rencana kontingensi, termasuk menyiapkan kesiagaan sarana prasarana. Hal ini diharapkan agar saat bencana benar terjadi, semua pihak siap menanganinya secara tuntas,” tambahnya. (Adv)

TerPopuler