Bahas Virus Corona, Pemkab Soppeng Gelar Pertemuan Pokja

Bahas Virus Corona, Pemkab Soppeng Gelar Pertemuan Pokja

Senin, 09 Maret 2020,
SOPPENG, SULAWESINEWS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng menggelar pertemuan Kelompok Kerja (pokja) pencegahan dan penanggulangan virus corona yang digelar di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, Senin (9/03/2020).

Pertemuan tersebut digelar dalam rangka mengantisipasi dan memperkuat kewaspadaan dini terdapat virus corona yang telah masuk di Indonesia, serta demi kelancaran koordinasi antara anggota pokja pencegahan dan penangulangan virus corona di Kabupaten Soppeng.

Dalam pertemuan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Soppeng Drs Andi Tenri Sessu M.Si menyampaikan, bahwa melalui pertemuan pokja itu dimohon agar tetap melakukan tugas pokok dan fungsi sesuai kewenangan yang mereka miliki masing-masing.

“Tapi tetap merujuk pada apa yg seharusnya kita lakukan berkaitan dengan masalah virus corona ini,” ujar Tenri Sessu.

Apalagi kata dia, yang berkaitan dengan Keputusan Bupati Soppeng ada beberapa hal yang perlu mereka lakukan.

“Yaitu koordinasi tentang pencegahan masalah ini, dan mengawasi lalu lintas terutama yang berkaitan dengan hewan dan manusia,” katanya.

Tidak hanya itu, diharapkan kepada pembina upacara agar menyampaikan imbauan kepada peserta upacara mengenai cuci tangan yang baik dan benar dan etika batuk.

“Kami telah menyiapkan fasilitas yang diperlukan. Tinggal melakukan koordinasi, pencegahan dan pembelajaran kepada masyarakat berkaitan dengan masalah ini,” jelas Tenri Sessu.

“Dengan demikian kita jangan membuat cerita/berita yang tidak pasti kebenarannya apalagi yang dapat menimbulkan kepanikan dan jika ada berita-berita di media sosial jangan langsung percaya tapi harus dipilah-pilah,” lanjutnya.

Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Sallang, S.KM, M.Kes bahwa “Kewaspadaan perlu ditingkatkan, tapi kita tidak perlu panik dan berlebihan dalam menanggapi masalah ini. Kita harus tetap beraktivitas seperti biasanya serta dapat lebih bijaksana dalam menyikapi berita yang ada di media sosial,” ucapnya.

“Adapun kontak rumah sakit yang khusus menangani masalah virus corona ini yang dapat kita hubungi yaitu (0484) 23307 dan nomor via Whatsaap 0822 9162 1346,” ucap Yanwar Saiful, SKM. M.Kes selaku KTU RSUD Latemmamala. (Adv)

TerPopuler