Cegah Corona di Lingkungan Sekolah, Ini Yang Dilakukan Disdikbud Kolut

Cegah Corona di Lingkungan Sekolah, Ini Yang Dilakukan Disdikbud Kolut

Senin, 16 Maret 2020,

KOLUT, SULAWESINEWS.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di lingkungan sekolah, Senin (16/03/2020).

Hal itu menindaklanjuti surat edaran Bupati Kolut melalui Sekretariat Daerah (Sekda) Nomor 440/184/ 2020 Tanggal 16 Maret 2020 tentang himbauan pencegahan penyebararluasan corona virus Disease (COVID19).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka Utara, H Muhammad Idrus mengatakan, saat ini telah disampaikan hal-hal sebagai berikut terhitung mulai tanggal 16 sampai dengan 31 Maret 2020 proses belajar mengajar mulai PAUD, SD dan SMP dialihkan belajar secara mandiri di rumah masing-masing dengan model belajar sistem online/daring.

Siswa dapat belajar mandiri melalui laman rumah belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui https://belajar.kemendikbud.go.id.

“Selain itu, juga dapat menggunakan metode lain yang relevan dengan kondisi daerah penugasan terstruktur potofolio penugasan mandiri dan metode lainnya,” ucapnya.

“Saya menghimbau kepada Kepala Sekolah, guru dan staf agar tetap melaksanakan tugas sebagaimana mestinya menginventalisir atau mengawasi peserta didik agar tidak berkunjung ke tempat-tempat yang memungkinkan terjangkitnya virus corona,” jelasnya.

Dikatakan, guru tetap memantau perkembangan belajar peserta didik dan melaporkan hasilnya kepada kepala sekolah, dan kepala sekolah melaporkan hasil perkembangan proses belajar mengajar kepada kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 

“Secara berkala, saya juga  menghimbau kepada seluruh warga sekolah untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah, rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya dan melakukan komunikasi intensif dengan Puskesmas terkait upaya pencegahan penularan corona,” harapnya.

“Kepada seluruh warga sekolah untuk tidak melakukan perjalanan ke luar daerah Kolaka Utara, dan tetap belajar di rumah karena himbauan ini bukan himbauan libur, tapi memindahkan tempat belajar ke rumah, guna mengantisipasi penyebaran virus corona,” tutupnya. (Andi Momang)

TerPopuler