Pemkab Bone Gelar Musrenbang RKPD 2021, Ini Harapan Fahsar

Pemkab Bone Gelar Musrenbang RKPD 2021, Ini Harapan Fahsar

Kamis, 12 Maret 2020,

BONE, SULAWESINEWS.COM – Bupati Bone, Dr H Andi Baso Fahsar Mahdin Padjalangi M.Si membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Kabupaten tahun 2021 di Hotel Novena Watampone, Kamis (12/3/2020).

Kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun ini, mengusung tema “Penguatan Kapasitas Daerah Dalam Meningkatkan Investasi Yang Kondusif Menuju Sustainable Development”.

Pada kesempatan itu, Fahsar menegaskan perencanaan pembangunan harus sejalan dan konsisten pada peraturan perundang-undangan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang.

“Dimana kita dituntut untuk selalu berinovasi dan berkreasi. Kita akan solid dan konsisten dalam pembangunan,” ujarnya.

Dikatakannya, Musrenbang di Bone sudah berjalan sejak Desember (2019) kemarin hingga hari ini.

“Musrenbang ini sejalan dengan Peraturan Menteri. Sementara Penyusunan RKPD Kabupaten menggunakan empat pendekatan yaitu, demokratif, partisipatif, politis dan bottom up,” jelas Fahsar.

“Saya kira musrenbang hari ini bukan hanya sekedar seremoni belaka. Kita semua berkomitmen untuk memenuhi amanah bahwa musrenbang kabupaten harus dilakukan dengan baik,” sambungnya.

Fahsar berharap kepada pemangku kepentingan stakeholder sudah mempersiapkan sebaik mungkin untuk mewujudkan pembangunan maju.

“Sasaran pembangunan tidak lepas dari visi-misi yang telah disepakati kami berdua dengan pak wakil bupati, yaitu Kabupaten Bone yang mandiri dan sejahtera.

Bagaimana kita mewujudkan Bone sesuai dengan visi misi tersebut, tentu harus sejalan dengan produk produk perencanaan,” kata Fahsar.

Sementara itu, panitia pelaksana Musrenbang, Andi Ilham Juliawan Arham S.Ip MM menerangkan, tema musrenbang ini diangkat dengan dasar keinginan Pemda Bone dalam meningkatkan segala kapasitas daerah, baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun infrastruktur guna menjamin investasi yang kondusif.

“Kami berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, dan apa yang kita rencanakan dan akan kita laksanakan pada tahun 2021 menjadi formulasi terbaik menuju Bone yang mandiri, berdaya saing, dan sejahtera,” harapnya.

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diwakili Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulsel, Drs H Andi Irawan Bintang MT, menyebutkan, bahwa Bone merupakan kabupaten yang pertama di Provinsi Sulsel yang telah melaksanakan musrenbang Kabupaten.

Kegiatan tersebut turut dihadiri anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten, unsur Forkopimda, kepala perangkat daerah, pimpinan perguruan tinggi, Kepala instansi vertikal, kepala perbankan daerah.

Juga dihadiri perwakilan BUMN dan BUMD, perwakilan LSM, media cetak, organisasi pemuda, organisasi perempuan, organisasi keagamaan, ketua perwakilan etnis Tionghoa, ketua panguyuban masyarakat Jawa, perwakilan forum anak, operator SIPPD dan tim delegasi kecamatan.

Penulis : Burhan HamzahEditor : Yusdi Muliady

TerPopuler