Satgas TMMD ke-107 Bangun Penampungan Air Bersih

Satgas TMMD ke-107 Bangun Penampungan Air Bersih

Sabtu, 21 Maret 2020,

KOLUT, SULAWESINEWS.COMSejak awal pertama dilaksanakannya pada tahun 1980 dengan nama ABRI Masuk Desa (AMD) hingga kini diganti dengan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah amanat kepada TNI untuk membangun desa.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sangatlah membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan akselerasi proses pembangunan yang merata untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Khususnya, masyarakat daerah terpencil, terisolasi di pelosok maupun tertinggal.

Seperti TMMD ke-107 yang diamanahkan kepada Kodim 1412 Kolaka untuk memberikan manfaat besar bagi masyarakat di tiga Kecamatan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Saat ini prajuri TNI dari satgas TMMD membangun sumber air,  dengan  mendirikan satu bak penampungan berukuran besar di Desa Mattiro Bulu, dan itu merupakan sasaran kedua dari Satgas TMMD di Kolut.

Pembuatan bak air dan pemasangan pipa untuk mensuplai air bersih ke rumah warga di tiga Desa, yakni Desa Mattiro Bulu, Desa Meto dan Desa Kamisi.

Dari lokasi penampungan air bersih ini, akan disalurkan melalui pipa-pipa ke rumah warga. Dengan adanya tambahan bak penampungan air bersih ini, diharapkan suplai air bersih di tiga desa bisa terpenuhi kebutuhan air.

“Tahun ini, lokasi TMMD di Kolaka Utara ada tiga kecamatan dengan sejumlah Desa yang ada di dalam kecamatan tersebut yang menjadi sasaran program utama, selain program-program lainnya,” ujar Dandim 1412 Kolaka Letkol Kav Amran Wahid, Sabtu (21/3/2020).

Menurutnya, ada sejumlah program utama dalam pelaksaan TMMD. Yakni program fisik menyangkut pelebaran jalan di Desa Pitulua Kecamatan Lasusua. Pembangunan bak air bersih di Desa Mattiro Bulu Kecamatan Kodeoha.

“Rehab masjid di Desa Lawaki Jaya, Kecamatan Tolala, dengan sasaran antara lain pembuatan teras depan kiri dan kanan L=2.5 M dan P=35 M. Tentu harapan kami dan harapan dari pimpinan TNI agar kegiatan TMMD ini benar-benar dapat membantu  masyarakat,” kata Dandim.

Dandim juga berharap agar fasilitas yang dibangun tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tetap dirawat dan dijaga. (Andi Momang)

TerPopuler