Ketua Gugus Tugas PPC-19 Hadiri Simulasi Penanganan Jenazah Corona

Ketua Gugus Tugas PPC-19 Hadiri Simulasi Penanganan Jenazah Corona

Senin, 27 April 2020,

BONE, SULAWESINEWS.COM Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 (PPC-19) Kabupaten Bone, HA Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, menyaksikan langsung simulasi penanganan jenazah pasien virus corona (Covid-19) di RS Tenriawaru, Jl Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Watampone, Senin (27/4/2020).

Fahsar ditemani Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Bone, HA Muh Yamin AT, Direktur RS Tenriawaru Bone dr. Hj Nurminah A Yusuf.

Fahsar yang juga Bupati Bone menuturkan, gladi atau simulasi tersebut digelar guna untuk mengetahui kesiapan petugas medis Bone dalam penanganan pasien Covid-19 sesuai dengan standar protokol kesehatan.

“Hari ini kita laksanakan gladi. Seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ada yang meninggal PDP (pasien dalam pemantauan) maupun positif, bagaimana protokol penangannya dengan pasien yang Covid-19,” kata Fahsar.

Fahsar pun menyebutkan jika gladi penanganan pasien Covid-19 hampir sempurna.

Kendati demikian, lanjut dia apa yang masih terlihat kurang dengan beberapa catatan akan diperbaiki.

“Tetapi kita tetap berdoa semoga tidak terjadi dan tidak pernah dilakukan di daerah kita,” harapnya.

Sementara itu Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas PPC-19 Bone, Dokter Yusuf menyebutkan, bahwa berdasarkan protokol kesehatan ketika ada pasien PDP atau positif Covid-19 meninggal penangannya empat jam harus dimakamkan.

“Mulai dari dikeluarkan dari ruang isolasi, kemudian melakukan proses sedemikan rupa, membungkus jenazah, mengkafani dan disholatkan hingga dimakamkan,” jelas Yusuf.

TerPopuler