Sulsel

Dapat Izin Kemenkes, Labkesda Covid-19 di Soppeng Segera Beroperasi

Bupati Soppeng bersama Gubernur Sulsel, saat peresmian Labkesda beberapa waktu lalu. (Dok Kominfo Soppeng)

SOPPENG, SULAWESINEWS.COM – Setelah melalui beberapa proses tahapan, akhirnya Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, bisa dioperasikan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Soppeng, Sarianto, Senin (11/5/2020).

“Alhamdulillah, hari ini kami sudah menerima surat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan tentang penetapan Laboratorium Covid-19,” kata Sarianto kepada awak media.

Dijelaskan, bahwa Kementerian Kesehatan RI telah memberikan izin untuk pemeriksaan Covid-19 di Labkesda Soppeng.

Olehnya itu, pemeriksaan dapat dilakukan sepanjang memenuhi syarat sesuai dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.02.01/MENKES/234/2020 tentang Pedoman Pemeriksaan Uji RT PCR SARS CoV2 bagi Laboratorium di Lingkungan Rumah Sakit dan Laboratorium lain yang melakukan Pemeriksaan Covid-19.

Baca Juga:  DPKP Soppeng Gelar Sosialisasi Pola Pangan Harapan, Ini Tujuannya

Selain itu, kata Sarianto, harus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Karena aIur atau mekanisme pelaporan yang berlaku sesuai dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.02.01/MENKES/234/2020.

“Ini merupakan salah satu upaya Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak, dalam memerangi virus corona ini. Sehingga, kita tak butuh waktu lama untuk menunggu hasil dari pemeriksaan Covid-19 di Soppeng,” tutupnya. (Adv)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top