Peduli Tenaga Medis, TNI Bantu Ratusan Paket APD ke Dinkes Kolut

Peduli Tenaga Medis, TNI Bantu Ratusan Paket APD ke Dinkes Kolut

Selasa, 05 Mei 2020,

KOLUT, SULAWESINEWS.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mendapatkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD).

Kali ini, bantuan tersebut datangnya dari markas TNI Angkatan Darat (AD) sebagai bentuk  partisipasi dan kepedulian terhadap tim medis dari ancaman penularan virus corona atau Covid-19 di wilayah Kolut.

Pemberian APD tersebut diserahkan secara simbolis yang dihadiri pemerintah setempat dan personil TNI AD dari Koramil 1412-03 Lasusua di gudang obat instalasi farmasi milik Dinkes Kolut.

Danramil 1412-03 Lasusua Kapten Inf Sudarto mengatakan, ia mendapat instruksi dari Komando Resor Militer (Korem) 143 Haluoleo Kendari, bahwa ada bantuan APD yang diperuntukkan untuk dinkes Kolut, sehingga pihaknya mengarahkan anggotanya menjemput dan mengawal sampai di tempat tujuan.

Bantuan APD tersebut, kata Sudarto, diperuntukkan khusus kepada tenaga medis yang bertugas di Kolut. Sebab menurutnya, tim medis sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah pandemi Covid-19 dimana mereka sangat rentang tertular virus mematikan tersebut.

“APD itu bantuan langsung dari Panglima TNI AD yang diberikan khusus untuk Dinas Kesehatan  Kabupaten Kolaka Utara, melalui Korem 143/Ho dan diteruskan melalui Kodim 1412 Kolaka dan di lanjutkan kepada kami,” jelas Sudarto kepada awak media, Senin (4/5/2020).

“Adapun jumlah APD sebanyak 350 pasang. Kepada Dinan Kesehatan Kolut, saya berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai wujud kepedulian TNI kepada tim medis yang bertugas di lapangan dalam rangka pencegahan Covid-19,” sambungnya.

Selain APD, tambah Sunarto, kedepan pihaknya juga akan menyalurkan paket sembako secara serentak berupa beras kepada masyarakat Kolut yang terkena dampak langsung wabah virus Corona.

Pelaksana tugas (Plt) Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut, Makbul, ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya mengucapkan terimah kasih kepada TNI atas sumbangan APD tersebut.

Dalam waktu dekat ini, Dinkes Kolut akan secepatnya distribusikan ke beberapa puskesmas yang dianggap prioritas yang ada di kecamatan.

“Jadi dengan adanya bantuan APD ini, Alhamdulilah persediaan APD  bertambah dan secepatnya kita akan sebar ke setiap puskesmas yang membutuhkan dan termasuk rumah sakit,” tandasnya. (Andi Momang)

TerPopuler