Pemerintah Desa Toaha Salurkan BLT ke Warga Terdampak Covid-19

Pemerintah Desa Toaha Salurkan BLT ke Warga Terdampak Covid-19

Senin, 11 Mei 2020,

KOLUT, SULAWESINEWS.COMPemerintah Desa Toaha Kecamatan Pakue, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara, telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) untuk warganya yang terdampak akibat Covid-19.

Kepala Desa Toaha, Sunardi SH atau yang akrab disapa Ady mengatakan, sebelum penyaluran pihaknya sudah melakukan pembahasan khusus tentang dana BLT melalui musyawarah secara terbuka di hadapan BPD, perangkat Desa dan relawan di balai Desa setempat.

“Dari dana Desa dialokasikan untuk penyaluran dana BLT dan juga sebagai dana khusus bagi masyarakat Desa Toaha yang terdampak pandemi Covid,” ujarnya Senin (11/5/2020).

Dijelaskan, dengan mengedepankan  asas transparansi daftar nama penerima bantuan tersebut dipajang dalam bentuk pengumuman di Kantor Desa.

“Hal ini saya lakukan, selain bertujuan untuk transparansi kepada masyarakat juga menghindari data ganda. Agar semua bantuan yang turun ke Desa Toaha baik dari pusat, propinsi mau pun kabupaten bisa kami kontrol bersama dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Saat ini, kata Ady, semua penerima namanya sudah tertempel di kantor Desa, dan bisa dilihat langsung masyarakat. Supaya betul-betul ketahuan siapa yang menerima dan siapa yang belum menerima.

“Untuk yang tidak tertera namanya sebagai penerima (BLT) melalui dana Desa namun layak menerima, nanti kita masukkan namanya untuk BLT dari Dinas Sosial Kabupaten,” jelas Ady.

“Alhamdulillah, sebanyak 38 warga Desa Toaha telah menerima penyalurkan BLT untuk masyarakat yang terdampak akibat wabah virus Corona atau Covid-19,” sambungnya.

Bantuan yang bersumber dari dana Desa tersebut, diserahkan langsung Camat Pakue dan dihadiri Kapolsek Pakue, Danramil, dan tokoh masyarakat Desa Toaha yang penyalurannya digelar secara simbolis di gedung kesenian Desa  Toaha. (Andi Momang)

TerPopuler