Pemkab Bone Bahas Fungsi Gugus Tugas Covid-19 dan Pelaksanaan Idul Fitri

Pemkab Bone Bahas Fungsi Gugus Tugas Covid-19 dan Pelaksanaan Idul Fitri

Rabu, 20 Mei 2020,

BONE,SULAWESINEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Bone menggelar rapat koordinasi (rakor) forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Rabu (20/5/2020).

Rakortersebut dipimpin langsung Bupati Bone, Dr HA Fahsar M Padjalangi, di ruang rapim kantor Bupati, dan membahas evaluasi pelaksanaan fungsiGugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan antisipasi pelaksanaan Idul Fitri 1441 hijriah 2020 Masehi.

Rapatkoordinasi tersebut melibatkan seluruh komponen baik eksekutif, legislatif,yudikatif, TNI/Polri, tokoh agama, maupun akademisi serta unsur lainnya.

“Hariini kita juga sekaligus membahas tentang kondisi dan situasi perkembangan pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Bone,” jelas Fahsar.

Ia memaparkan,fakta di lapanganpelaksanaan aturan dan disiplin masyarakat terlihat mulai sangat longgar.Kondisi tersebut, kata Fahsar, yang membuat semakin berpeluang untuk bertambah terpaparnyapasien Covid-19 di Kabupaten Bone.

“Kasus dan kejadian di Bone ini bukan melandai, tapi malah meningkat dikarenakankesadaran masyarakat yang kurang mau mengikuti aturan keprotokoleran yang ada.

“Dalammengimbau masyarakat, betapa pentingnya mengikuti protokoler kesehatan yangtelah ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Oleh karena itu sangatdibutuhkan sinergitas antara TNI, Polri dan stakeholder lainnya demi untukmemutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini” jelasnya.

Dikatakan, menghadapi pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah bahwa dengan tegas Presidenmengatakan bahwa larangan mudik menjadi salah satu hasil keputusan di dalam ratas yang dilakukan kemarin.

“Salah satukeputusan dalam ratas itu, larangan mudik tetap berlaku tanpa ada penarikan,bahkan ada perintah presiden dalam ratas tersebut diharapkan Polri dan TNIuntuk ikut ambil peran dalam pelaksanaan mudik ini” ucapnya.

Sementaraitu, pengoperasian pasar tetap konsisten menyampaikan kepada masyarakat untuktetap menjaga kesehatan.

”Makanya saya minta Satpol PP bekerjasama dengan Tim Pencegahan untuk melaksanakan pengumuman di pasar-pasar dantempat cafeserta rumah makan agar tetap mematuhi aturankeprotokoleran kesehatan,” katanya.

Fahsar menjelaskan, dalam hal penanganan dan pencegahan pandemi corona ini,komitmen bersama semua pihak.

“Sehinggapemerintah dalam mengambil keputusan dan kebijakan berdasarkan saran danpendapat semua pihak demi kemaslahatan masyarakat Bone itu sendiri,”jelasnya. (**)

TerPopuler