Luar Biasa, Dua Desa di Soppeng Sabet Penghargaan Proklim Utama KLHK 2020

Luar Biasa, Dua Desa di Soppeng Sabet Penghargaan Proklim Utama KLHK 2020

Jumat, 23 Oktober 2020,


SULAWESI NEWS.COM -
Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng HA Tenri Sessu, mengikuti puncak festival penghargaan program Kampung Iklim tahun 2020 lewat daring, di ruang Lamataesso, Kantor Bupati Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) Jumat (23/10/2020).

Kegiatan itu juga diikuti oleh Kadis Lingkungan Hidup Andi Aswan Said, Camat Ganra, Camat Liliriaja, Kades Lompulle, dan Kades Timusu.

Dari 333 yang mengusulkan lokasi Proklim utama, hanya 24 lokasi proklim yang lolos memperoleh trofi Proklim Utama di Indonesia, di antaranya adalah Kabupaten Soppeng.

Ada 2 wilayah di Soppeng yang berhasil menyabet penghargaan Proklim Utama KLHK 2020 yakni Dusun Mattanru, Desa Lompulle, Kecamatan Ganra dan Dusun Lebbae, Desa Timusu, Kecamatan Liliriaja.

Tenri Sessu mengatakan, 2 desa yang mendapatkan penghargaan sebagai kampung proklim dari KLHK, adalah sebuah kebembiraan bagi pemerintah daerah dan masyarakat Soppeng.

“Selamat kepada desa khususnya dusun Mattanru, kepada masyarakatnya yang mendapatkan penghargaan dan dusun Lebbae, ini akan menjadi contoh bagi desa-desa yang lain,” kata Tenri Sessu.

Pada kesempatan yang sama, Tenri Sessu mengajak masyarakat Sopeng untuk tetap memperhatikan lingkungan sekitar.

Ia juga mendorong desa-desa yang lain agar dapat menjadikan dua desa peraih penghargaan Kampung Proklim, sebagai percontohan ke depan.

“Kami harapkan 2 desa ini kita dorong untuk dapat menerima penghargaan lestari di tahun-tahun yang akan datang,” katanya.

Sementara, Kadis Lingkungan Hidup Soppeng Aswan Said berupaya agar ke depan bisa menorehkan penghargaan Lestari.

“Kita berupaya untuk meraihnya dengan melengkapi fasilitas yang masih diperlukan untuk mencapai penghargaan tersebut,” kata Aswan Said.

Selain itu, Kabupaten Soppeng juga memperoleh apresiasi penghargaan Pembinaan Proklim Tahun 2020.

“Hal itu sebagai bukti bahwa Kabupaten Soppeng konsisten dalam upaya mengurangi dampak perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca,” kata Aswan Said.

Kades Lompulle Andi Amri mengatakan, Dusun Mattanru yang merupakan salah satu dusun di desanya, berhasil menerima trofi, sertifikat, dan insentif Proklim Utama tahun 2020.

“Harapan kami kedepannya, kami menginginkan dari sisi peningkatan program utama, karena di atas program utama ini masih ada namanya Lestari. Itulah yang kami cita-citakan,” kata Andi Amri.

Begitu juga dengan Kades Timusu Firdaus, di mana Dusun Lebbae juga berhasil menerima sertifikat Proklim Utama tahun 2020.

“Ini jadi motivasi kami kedepannya untuk meraih penghargaan tertinggi yaitu program Lestari,” ujar Firdaus. (Adv)

TerPopuler