Sambut HSN, Pondok Pesantren As’adiyah Lapai Gelar Zikir Bersama

Sambut HSN, Pondok Pesantren As’adiyah Lapai Gelar Zikir Bersama

Kamis, 22 Oktober 2020,

KOLUT, SULAWESINEWS.COM - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Pondok Pesantren As’adiyah Lapai, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara, kali ini tidak banyak mengemas acara lomba maupun kegiatan outdoor seperti tahun-tahun  sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan pertimbangan keamanan dan kewaspadaan dari potensi terpapar virus corona.


Namun bukan berarti tidak ada gelaran acara sama sekali. Pihak Pondok Pesantren As’adiyah Lapai mengisi HSN dengan menggelar acara zikir dan doa bersama untuk keselamatan umat, Kamis (21/10/2020).


Usai memimpin zikir dan doa bersama, pimpinan pondok Pesantren As’adiyah Lapai Kiyai Haji (KH) Mansur yang ditemui awak media mengatakan, meski peringatan hari santri nasional digelar pada 22 Oktober, namun pengurus pondok dan santri menggelar acara doa dan zikir bersama secara sederhana malam itu.


Meski tahun ini peringatan hari santri nasional minim acara karena pandemi Covid-19, namun KH Mansur berharap agar semua warga Kolaka Utara terutama umat islam agar tidak menyurutkan semangat beragama dalam melaksanakan ibadah. Terutama dalam meneladani sikap positif para ulama dan tokoh agama.


“Mudah-mudahan rasa persatuan dan kesatuan kita selalu kuat dalam menyongsong kemajuan kabupaten Kolaka Utara,” ujarnya.


Dikatakannya, hari santri yang diperingati setiap tahun tersebut selain bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah, juga untuk menjalin silaturahmi antara pimpinan pondok pesantren dan santri.


"Peringatan hari santri nasional banyak momentum yang terkandung di dalamnya, kita kembali mengingat  sejarah para ulama dan santri  pendahulu kita yang ikut terlibat dalam pejuang bangsa ini," jelasnya.


"Selain itu, pada kesempatan ini perlu saya sampaikan bahwa sebagai seorang santri harus bisa menjaga dan menanamkan ahlak yang mulia. Karena di zaman ini, godaan datang dari berbagai penjuru dan yang bisa menangkal dan menyelamatkan kita dari semua godaan, tentunya dengan meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah," tutupnya.


Di tempat yang sama, ustadz Andi Amiruddin yang juga sekretaris yayasan menyebutkan, pesantren As’adiyah Lapai saat ini memiliki santri yang berjumlah 760 orang  terdiri dari tingkat taman kanak-kanak (TK) 65 orang Madrasah ibtidaiyah 261 orang, Madrasah Tsanawiyah 371 orang dan Madrasah Aliyah 63 orang. (Andi Momang)

TerPopuler