Satlantas Polres Kolut Gelar Razia Operasi Zebra, Ini Sasarannya

Satlantas Polres Kolut Gelar Razia Operasi Zebra, Ini Sasarannya

Senin, 26 Oktober 2020,
KOLUT, SULAWESINEWS.COM -
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara, menggelar Operasi Zebra 2020 dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar Lantas guna mencegah penyebaran Covid-19 pada masa adaptasi tatanan kehidupan baru. 

Operasi Zebra ini akan digelar selama dua pekan ke depan, dan dimulai hari ini Senin (26/10/2020).

Kasat Lantas Polres Kolut, Iptu Syarif, menyebutkan sasaran dalam operasi patuh kali ini yaitu pengendara tidak menggunakan helm, pengendara melawan arus, serta truk over loading dan over dimensi. Dan surat - surat  kendaran serta sosialisasi pengunana masker bagi penguna jalan raya guna menekan angka  penularan Covid-19.

"Operasi ini kita laksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, sehingga tercipta Kamseltibcar Lantas yang baik di Kabupaten Kolaka Utara," ujar Syarif.

Operasi Zebra 2020, kata Syarif, merupakan salah satu upaya Polri dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat berlalu lintas  dengan melaksanakan pendekatan persuasif dan edukatif terutama dalam menekan penularan Covid-19 di jalan raya.

"Dan menekan angka kecelakaan bagi pengguna kendaraan bermotor, baik roda dua mau pun roda empat," jelasnya.

"Dalam operasi ini dilaksanakan dengan memberdayakan fungsi Dikmas Lantas secara optimal melalui penerangan masyarakat di media cetak maupun elektronik, serta pelayanan informasi Lalulintas melalui manajemen media Lantas Polres Kolut sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat pengguna jalan raya," tambahnya.

Sekadar diketahui, Kepolisian Republik Indonesia serentak menggelar operasi Zebra yang di mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020. 

Untuk operasi kali ini jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di seluruh Indonesia lebih banyak tentang sosialisasi dan dikmas lantas/pendidikan masyarakat lalu lintas, daripada penegakan hukum. (ANDI MOMANG)

TerPopuler