Kembalikan Kejayaan Sutera, Gubernur Sulsel Kunjungi Lokasi Pertanian Tanaman Murbei di Soppeng

Kembalikan Kejayaan Sutera, Gubernur Sulsel Kunjungi Lokasi Pertanian Tanaman Murbei di Soppeng

Minggu, 29 November 2020,


SULAWESINEWS.COM —
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, melakukan kunjungan ke lokasi pertanian tanaman murbei di Turungeng Lappae, Desa Tottong, Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng, Sabtu, 28 November 2020.

“Kunjungan ini dilakukan dalam rangka untuk melakukan peninjauan tanaman murbei,” kata Nurdin Abdullah.


Hal ini berkaitan dengan adanya program kerja Pemerintah Sulsel untuk mengembalikan kejayaan sutera. Gubernur Sulsel ingin mengembalikan kejayaan murbei dan melihat beberapa jenis murbei yang ada di Soppeng. Diantaranya murbei India, murbei Alba, Katayana (jenis dari Jepang), Multicaulis, Shalom (Cina), dan semua jenis yang banyak dibudidayakan oleh petani sutera yang ada di Sulsel. Ada juga jenis Macrora dan Nigra, tapi produktifitas daunnya rendah.


Pjs Bupati Soppeng, Idham Kadir, mengatakan, dengan adanya kunjungan ini, tentunya pemerintah daerah ingin mengembalikan kejayaan sutra di Soppeng, sehingga masyarakat dapat menikmati hasil dari tanaman murbei dan nantinya dapat dipasok keluar daerah, seperti ke Wajo dan daerah-daerah lainnya.


“Dengan adanya kunjungan Gubernur Sulsel, diharapkan menambah semangat para petani,” imbuhnya.


Kabupaten Soppeng sendiri mempunyai potensi, dan masyarakat yang terampil sudah banyak. Sehingga Pemprov melirik Kabupaten Soppeng untuk pengembangannya.


“Diharapkan Soppeng tidak lagi mengimpor benang, Soppeng punya potensi untuk memproduksi benang sendiri. Sehingga, pemerintah kembali melestarikan budidaya ulat sutra,” imbuhnya. (adv)

TerPopuler