Anggota Brimob yang Gugur Saat Kontak Senjata di Poso, Dimakamkan di Kampung Halamannya di Sultra

Anggota Brimob yang Gugur Saat Kontak Senjata di Poso, Dimakamkan di Kampung Halamannya di Sultra

Kamis, 04 Maret 2021,

KOLUT, SULAWESINEWS.COM - Ribuan masyarakat menyambut kedatangan jenazah Brigadir Anumerta Herlis di kampung halamannya di Desa Kondara Kecamatan Pakue, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara, Kamis (4/3/2021) sekitar pukul 12.01 Wita.


Jenazah almarhum Herlis diterbangkan dari Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) menggunakan helikopter dan mendarat di lapangan sepak bola Mekuasi.


Jenazah disambut dengan upacara militer yang disertai tangis histeris dari pihak keluarga.


Kemudian jenazah Brigadir Herlis dibawa ke kediamannya di Desa Kondara yang berjarak sekitar 300 meter dari lapangan sepak bola Mekuasi dengan menggunakan mobil ambulans.


Usai disemayamkan di rumah duka, jenazah almarhum Brigadir Anumerta Herlis diserahkan kembali oleh pihak keluarga untuk dimakamkan secara militer yang diterima oleh Kapolres Kolaka Utara, AKBP I Wayan Rico Setiawan.


Wadansat Brimob Polda Sulteng AKBP Denny Jatmiko, juga ikut mengantar jenazah almarhum ke tempat peristirahatan terakhirnya.


"Saya mewakili Polda Sulteng mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga almarhum. Semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi cobaan ini. Dan almarhum Brigadir Anumerta Herlis mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya," kata AKBP Denny Jatmiko.


Sementara itu, Kapolres Kolaka Utara AKBP I Wayan Riko Setiawan menyebutkan bahwa mewakili Polda Sutra akan memberikan santunan senilai Rp 70 juta kepada keluarga almarhum, sekaligus mengucapkan turut berbelasungkawa atas gugurnya Brigadir anumerta Herlis saat mengembang tugas negara.


"Almarhum adalah pahlawan dan putra terbaik Bangsa ini yang telah berkorban nyawa demi keutuhan negara kita," kata Kapolres.


Bripka Aksan, kakak sepupu almarhum yang juga anggota kepolisian yang bertugas di jajaran Polres Kolaka utara, menyebutkan bahwa sebelumnya Kapolda Sultra telah memerintahkan agar almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Totallang, Lasusua.


"Namun dari pihak keluarga meminta kepada pak Kapolda agar almarhum dimakamkan di pemakaman umum Desa Kondara karena pertimbangan jarak dari Desa Kondara ke taman makam pahlawan sangat jauh," kata Aksan.


"Permintaan keluarga kami dikabulkan, walaupun lewat diskusi yang panjang. Almarhum adik kami saat ini telah dimakamkan secara militer di samping makam ibunda kami yang telah berpulang terlebih dahulu saat Herlis masih menjalani pendidikan militernya," sambung Aksan.


Almarhum Briptu Herlis merupakan personel Brimob Polda Sulteng dari Kompi 4 Tolitoli yang meninggal dunia usai kontak tembak dengan kelompok sipil bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (3/3/2021) sekitar pukul 16.00 Wita.


Kontak tembak antara Satgas Madago Raya (gabungan TNI/Polri) dengan MIT di pegunungan Kilometer 7 Dusun Gayatri, Kecamatan Poso Pesisir Utara tersebut, mengakibatkan Briptu Herlis meninggal dunia setelah mengalami luka tembak di bagian samping tubuhnya.


Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Didik Supranoto kepada awak media mengatakan, kontak tembak tersebut merupakan rangkaian dengan kejadian pada hari Senin (1/3/2021) lalu.


"Kontak tembak ini adalah merupakan serangkaian dengan kejadian pada hari Senin. Kemudian dilakukan pengejaran. Berawal dari patroli, kemudian terjadi kontak tembak lagi," kata Didik Supranoto kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).


Selamat jalan Brigadir Anumerta Herlis... (Andi Momang)

TerPopuler