Bupati Kolut Harapkan Sektor Perikanan Menjadi Penggerak Perekonomian

Bupati Kolut Harapkan Sektor Perikanan Menjadi Penggerak Perekonomian

Kamis, 18 Maret 2021,
KOLUT, SULAWESINEWS.COM - Bupati Kolaka Utara (Kolut), H Nur Rahman Umar, berharap potensi usaha mikro dan kecil dari sektor perikanan yang ada menjadi salah satu motor penggerak ekonomi masyarakat di daerah itu.

Hal tersebut diungkapkan Nur Rahman, saat membuka acara pelatihan pengelolaan produk hasil perikanan yang bermutu dan berdaya saing pada pelaku usaha pengelolaan skala mikro dan kecil, Rabu (17/3/2021).

"Pelatihan ini merupakan wujud perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) dengan usaha mikro dan kecil," kata mantan kepala dinas pertambangan itu.

Pihaknya pun akan mendorong potensi usaha dari sektor perikanan berupa pengelolaan hasil laut seperti abon ikan tongkol terus berkembang. Apalagi industri rumahan tersebut, menurut Nur Rahman sangat menjanjikan dengan ketersediaan bahan baku usaha tersebut.

"Potensi ini kalau dikelola dengan benar dan propesional, maka tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Selain sektor perikanan, Nur Rahman juga menyebutkan saat ini tidak dapat dipungkiri sektor perkebunan menjadi pemicu menurunnya angka kemiskinan di Kolaka Utara dari data Badan Pusat Statistik (BPS) terus mengalami penurunan dari 17 persen menjadi 12 persen.

"Menurunnya angka kemiskinan saat ini, tidak lepas dari membaik sektor perkebunan terutama dari hasil kakao petani, yang terus mengalami peningkatan," terang Nur Rahman.

Jika sektor perkebunan, kata dia ditopang dengan membaiknya kondisi usaha mikro dan kecil dari industri rumahan hasil perikanan. Maka dipastikan angka kemiskinan di Kolaka Utara akan terus mengalami penurunan.

Nur Rahman mengharapkan dengan anggaran yang cukup besar untuk sektor perikanan. Berupa bantuan kapal dan alat tangkap, kesejahteraan masyarakat makin meningkat terutama masyarakat pesisir.

"Saya pernah coba makan ikan hasil olahan di Desa Mala-mala dan rasanya cukup enak. Sehingga kedepan Pemda akan bantu mencarikan jalan pendanaan, seperti bantuan KUR," ujarnya.

Hal senada diungkapkan, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kolaka Utara, H Zakaria. Menurut dia sektor usaha mikro dan kecil ini cukup menjanjikan untuk dikembangkan.

"Ada 30 orang ibu-ibu yang mengikuti pelatihan, dari 15 usaha mikro dan kecil yang tersebar di beberapa kecamatan bagian utara," kata Zakaria.

Produk lanjutnya, yang telah dihasilkan berupa abon ikan cakalang, abon ikan bandeng, krupuk ikan bulan-bulan dan amplang ikan tengiri, telah pamerkan diberbagai perayaan dan mendapat respon positif dari masyarakat luar.

"Kedepan kami terus berupaya agar usaha ini dapat berkembang, baik dari segi peningkatan produksi dan mencarikan potensi pasar produknya," imbuhnya. (Andi Momang).

TerPopuler