investasi pensiun-01
image by: Freepik.com

Investasi Pensiun Terbaik yang Menghasilkan Pendapatan

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan adalah “Apa rencana pensiun terbaik?”

 Catatan spoiler:

Tidak ada yang namanya investasi terbaik di rekening pensiun. Karena situasi ekonomi sedang berubah. Suku bunga akan berubah. Anda perlu memantau  portofolio Anda dan menyesuaikannya saat berubah.

Sekarang mari kita kembangkan pertanyaan tentang investasi pensiun terbaik  menjadi investasi pensiun terbaik. Strategi investasi yang cerdas adalah menambahkan beberapa aset berbeda ke portofolio Anda. Ini mempersiapkan Anda untuk menavigasi semua jenis lingkungan pasar yang berbeda.

Tapi pertama-tama muncul pertanyaan: Bisakah Anda hidup dari bunga di rekening tabungan bank Anda? Kebanyakan pensiunan tidak bisa. Kita perlu berinvestasi untuk menghasilkan pendapatan, mempertahankan gaya hidup kita, dan  membayar tagihan yang tersisa setelah kita menyelesaikan pekerjaan kita.

Itu sebabnya kami berfokus pada aset pensiun yang menghasilkan pendapatan terbaik di sini. Setelah gaji kami berakhir dari pekerjaan kami, pendapatan pensiun kami akan mendukung kami.

Pilihan penghasilan yang paling umum adalah:

  1. Jaminan sosial

Kebanyakan pria dan wanita tidak melihat jaminan sosial sebagai aset. Tapi itu benar-benar. Ini adalah sumber penghasilan yang dijamin yang akan membayar Anda seumur hidup.

Banyak  klien kami dapat menerima lebih dari $ 1 juta manfaat Jaminan Sosial setelah pensiun. Memahami dan mengelola aset ini adalah demi kepentingan terbaik Anda.

Ada ratusan cara untuk mendapatkan iuran jaminan sosial, jadi sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli yang dapat membantu Anda memaksimalkan hasil Anda. Kebanyakan orang hanya mengambilnya sejak  mereka pensiun. Ini bisa menjadi kesalahan yang mahal.

Jika Anda meninggal lebih dulu, bagaimana Anda menerima tunjangan Anda akan mempengaruhi pasangan Anda dan sebaliknya. Karena itu, ada baiknya memahami semua opsi.

  1. Dana Pensiun

Dana  Pensiun adalah yayasan investasi dengan perawatan rendah bagi para pensiunan. Mereka biasanya terdiversifikasi menjadi saham dan obligasi konservatif. Tujuan dana tersebut adalah untuk menghasilkan pendapatan bulanan atau triwulanan yang dapat melengkapi sumber pensiun lainnya.

Baca juga:  10 Alasan untuk Menginvestasikan Uangmu

Sebagian besar perusahaan reksa dana besar menawarkan dana yang dikelola secara aktif ini. Investasi minimal biasanya diperlukan dan pemegang dana membayar biaya seperti produk kepercayaan investasi lainnya.

Kelebihan: Pria dan wanita yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk berinvestasi menganggap dana pendapatan pensiun menarik. Seperti dana indeks, mereka memiliki semacam daya tarik set-and-forget.

Kekurangan: Seperti reksa dana, dana obligasi terkena risiko pasar ekuitas. Orang tidak memperhatikan mereka secara teratur, sehingga bisa memakan waktu berbulan-bulan bagi pensiunan untuk menyadari bahwa mereka telah menderita kerugian yang signifikan. Juga, pendapatan pensiun tidak dijamin.

Pasangan lansia di pantai menikmati tabungan pensiun mereka

Apakah investasi Anda menghasilkan pendapatan yang cukup untuk  masa pensiun yang nyaman?

  1. Obligasi

Ketika Anda membeli obligasi, Anda meminjam uang dari bisnis, pemerintah, atau komunitas. Sebagai imbalannya, perusahaan membayar bunga pinjaman (biasanya setiap setengah tahun) sampai tanggal jatuh tempo dimana perusahaan menerima pembayaran lump sum yang sama dengan nilai nominal obligasi.

obligasi dapat dibeli secara individu atau dalam jumlah besar dalam reksa dana atau ETF. Tingkat bunga tetap pada saat penerbitan tetap konstan sepanjang jangka waktu obligasi.

Harga obligasi tergantung pada tingkat bunga obligasi dan bagaimana perbandingannya dengan tingkat bunga yang berlaku. Umumnya, harga obligasi naik ketika suku bunga turun. Jika suku bunga naik, harga obligasi turun. Dengan cara ini, pembeli obligasi dihadapkan pada risiko suku bunga. Dengan kata lain, ada risiko bahwa nilai obligasi akan hilang jika suku bunga berfluktuasi.

  1. Perwalian dan Saham Investasi yang Membayar Dividen

Saham yang Membayar Dividen adalah “permen karet  ganda” dari investasi dan cara untuk “menggandakan kesenangan”. Selain keuntungan memiliki saham, Anda juga bisa menikmati keuntungan memiliki obligasi. Dengan kata lain,  memiliki potensi untuk pertumbuhan dan penjualan.

Baca juga:  3 Strategi Investasi untuk Menumbuhkan Tabungan Pensiun