29. Investasi Jangka PanjangContoh, Jenis, Tujuan dan Keuntungannya

Investasi Jangka Panjang: Contoh, Jenis, Tujuan  dan Keuntungannya

Investasi Jangka Panjang: Contoh, Jenis, Tujuan  dan Keuntungannya

Apakah kamu baru saja akan berencana berinvestasi? Jika iya, maka investasi jangka panjang bisa menjadi pilihannya. Keberadaannya akan memberikan keuntungan cukup banyak terutama apabila ingin mempersiapkan dana untuk masa depan dengan kondisi yang tidak pasti.

Sesuai dengan namanya, tipe investasi inipun adalah proses penanaman modal atau aset yang akan membutuhkan jangka waktu cukup lama hingga mendapatkan keuntungannya. Jangka waktunya adalah mulai dari setahun hingga 10 tahun. Walaupun keuntungannya didapatkan cukup lama, tetapi ternyata jumlahnya akan sebanding.

Sekilas Mengenai Investasi Jangka Panjang

Untuk memahami investasi ini lebih jauh, maka kamu perlu mengetahui berbagai macam hal didalamnya termasuk contoh, jenis hingga tujuannya. Ini dapat membantu buat menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Contoh

Rani menanamkan modal pada suatu perusahaan dengan nilai 30.000.000 dan membiarkannya selama satu tahun. Setelah satu tahun, ia ternyata berhasil memperoleh dana menjadi 35.000.000. Ini berarti ia mendapatkan profit sebesar 5 juta karena naiknya pergerakan harga di dalam perusahaan.

 

  1. Jenis

Seperti telah diketahui, investasi berjangka panjang ini ternyata juga mempunyai beberapa jenis yang bisa dipilih. Seperti saham, property, hingga obligasi. Masing-masing memang mempunyai risiko cukup tinggi tetapi itu sebanding dengan jumlah keuntungan yang akan didapatkan nanti.

 

  1. Tujuan

Sedangkan jika berbicara mengenai tujuan utamanya yakni digunakan buat menyimpan kekayaan dan memperoleh profit di kemudian hari. Selain itu, banyak investor melakukannya supaya memperoleh profit pasif, menyiapkan dana pendidikan, ataupun untuk pensiun di masa depan.

Baca juga:  3 Strategi Investasi untuk Menumbuhkan Tabungan Pensiun

 

  1. Keuntungan

Keuntungannya yakni seseorang yang berinvestasi maka bisa memperoleh masa depan terjadi dengan keuntungan pasif, dapat menghindarkan pelakunya dari pengaruh buruk adanya inflasi, memberikan motivasi tersendiri buat lebih hemat, nilainya akan semakin meningkat setiap tahunnya.

 

Tidak hanya di situ saja, kamu juga tidak perlu melakukan pemantauan terhadap pergerakan saham secara rutin seperti ketika melakukan trading.

Jika kamu ingin mempersiapkan kondisi finansial matang di masa mendatang maka berinvestasi memang dapat menjadi pilihannya. Salah satunya adalah dengan menjalankan investasi jangka panjang yang akan berikan kesempatan memperoleh profit dalam jumlah besar.

 

 

 

Kw: Investasi jangka panjang

Desk: Mau mendapatkan keuntungan berupa kondisi finansial aman di masa depan? Investasi jangka panjang adalah solusinya.