Adab Menjelang Bulan Ramadhan 1443H

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba dan umat Islam harus bersiap diri mengisi bulan suci Ramadhan yang dimuliakan Allah SWT. Biasanya menyambut bulan suci Ramadhan, umat Muslim untuk mempersiapkan diri agar dapat menjalanikan Puasa Ramadhan dengan semaksimal mungkin.

 

Tetapi sebelum kita menyambut Ramadhan, ada adab-adab yang sebaiknya dipenuhi. Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis) Ustadz Jeje Zaenudin mengatakan bahwa, adab Muslim menyambut Ramadhan memang tidak disebutkan secara eksplisit dalam Alquran dan hadits.

“Adab-adab ruhiyah memantapkan dan menguatkan tekad kita untuk mengisi bulan Ramadhan tahun ini dengan puasa dan peningkatan amal sholeh yang lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Ustadz Jeje.

✅REKOMENDED:  Twibbon Tahun Baru Imlek 2022

 

Adab Menyambut Ramadhan 1443H
Adab Menyambut Ramadhan 1443H

 

 

 

Adab Menyambut Ramadhan 1443H

 

Selain itu, Ustadz Jeje juga mengatakan beberapa adab lain sebelum menyambut Ramadhan, antara lain:

*Menyegarkan kembali wawasan dan ilmu tentang Puasa Ramadhan

*Mengkondisikan hati agar bersikap ikhlas, menahan amarah, membuang rasa iri dengki, menghilangkan dendam, memaafkan serta rendah hati.

*Menyiapkan diri baik secara fisik maupun mental untuk menyambut Ramadhan

* Usahakan kita menyambut Ramadhan di tempat tinggal kita bersama keluarga dan tidak dalam keadaan safar (bepergian jauh)

 

Doa Melihat Hilal

“Dan jangan lupa jika hilal awal Ramadhan telah tiba, kita dianjurkan membaca doa melihat hilal awal bulan lainnya,” lanjut Ustadz Jeje menerangkan.

✅REKOMENDED:  26 Twibbon Hari Persahabatan Sedunia atau WORLD FRIENDSHIP DAY 2022

 

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah ini bulan membawa keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, wahai bulan petunjuk dan kebaikan.” (HR Ahmad dan At-Tirmidzi).

 

 

Sedangkan sebagian ulama lain juga menganjurkan doa ini.

 

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ متقبلا

Artrinya : “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) bulan Ramadhan, selamatkanlah bulan Ramadhan untukku, selamatkanlah aku (dari maksiat) di bulan Ramadhan dan jadikanlah amal-amalku yang diterima.”

 

Untuk menyambut dan memeriahkan bulan Ramadhan, banyak juga orang yang saling berkirim kartu ucapan secara digital sebagai bentuk perhatian mereka.

✅REKOMENDED:  Link Download 30 Twibbon Tahun Baru Imlek 2022

Ada banyak desain Kartu Ucapan Digital atau yang biasa di sebut Twibbon, yang bisa kalian unduh pada link yang sudah admin sediakan di bawah ini. Selamat Menyambut Ramadhan.***