Ketahui Beberapa Aplikasi Hitung Pajak Otomatis

Sulawesinews.com – Ketahui Beberapa Aplikasi Hitung Pajak Otomatis. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) merupakan unit kerja pelaksana kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan. DJP memiliki peran kunci sebagai pengelola penerimaan negara, sehingga DJP sering bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, DJP saat ini sedang meningkatkan kualitas pelayanan dengan adanya Aplikasi Pajak Online.

 

Pajak adalahsalah satu sumber penerimaan negara yang terbesar. Oleh karena itu, semua orang wajib membayar pajak sesuai dengan peraturan yang sedang berlaku. Hasil penerimaan negara ini penting untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

 

Peningkatan kualitas pelayanan dari DJP merupakan upaya untuk memudahkan pemerintah dalam pendataan, pelaporan dan proses pembayaran pajak. Tentunya dengan fasilitas ini DJP dapat memungut penerimaan negara dari pajak menjadi lebih efektif dan efisien. Disini kami akan menjelaskan tentang beberapa Aplikasi Hitung Pajak Otomatis.

Aplikasi Hitung Pajak Otomatis
Aplikasi Hitung Pajak Otomatis

Baca juga : Aplikasi Penghasil Uang Terbaru

 

e- Registration

e-Registration merupakan sistem berbasis online bagi Wajib Pajak untuk mendaftarkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Selain itu, sistem ini juga memungkinkan Wajib Pajak atau Pengusaha Kena Pajak (PKP) untuk melakukan pengkinian data. Dengan e-Registration ini, wajib pajak dapat mendaftarkan NPWP secara online dan tidak perlu datang ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak).

✅REKOMENDED:  Rekomendasi Aplikasi Perkiraan Cuaca, Akurat 2023

Selain dapat memudahkan wajib pajak, aplikasi pajak online ini juga memudahkan tugas DJP dalam melakukan pendataan dan verifikasi agar lebih efektif. Jika permohonan pembuatan disetujui, NPWP akan dikirimkan langsung ke alamat yang telah Anda daftarkan. Jadi dengan cara online ini sebenarnya tidak perlu datang ke DJP untuk membuat NPWP.

 

Baca juga : Aplikasi Test Buta Warna, Praktis dan Gratis

 

e-Filing

Kemudahan pelayanan perpajakan selanjutnya dari DJP adalah aplikasi e-Filing (Electronic Filing). Aplikasi Hitung Pajak Otomatis secara Online ini membantu masyarakat untuk menyampaikan sebuah laporan SPT. Selain itu, pada e-Filing DJP juga tersedia formulir SPT 1770SS dan 1770S. Hanya saja cara pelaporan SPT 1770SS dan 1770S sedikit berbeda dengan SPT lainnya.

Caranya, Anda harus mendownload file form SPT dari e-SPT, kemudian simpan dalam bentuk CSV. Setelah selesai, Anda dapat mengunggah file CSV melalui DJP Online. Anda membutuhkan EFIN untuk dapat melakukan pembayaran SPT menggunakan e-Filing.

EFIN adalah kode otentikasi dari DJP untuk wajib pajak. Untuk mendapatkan EFIN, Anda bisa datang ke KPP dengan membawa fotokopi KTP dan NPWP. Setelah itu, Anda perlu mengisi formulir dan mengaktifkan EFIN melalui tautan yang telah dikirimkan ke email. Dengan EFIN, setiap transaksi dan data Anda akan terenkripsi sehingga lebih aman. Selain itu, saat menggunakan e-Filing, Anda tidak perlu lagi mengantri di KPP.

✅REKOMENDED:  Aplikasi Pinjaman Online Ojk

 

Baca juga : Aplikasi Penghasil Uang 50Ribu Per Hari

 

e-SPT

SPT merupakan salah satu bentuk pelaporan pajak yang terutang, selain itu SPT juga berfungsi sebagai laporan penyelesaian pajak independen atau pihak lain. Anda juga dapat melaporkan harta, penghasilan, objek pajak dan bukan pajak dengan SPT. Jika dulu Anda harus mengisi begitu banyak formulir SPT secara manual, maka dengan e-SPT Anda hanya perlu mengisi aplikasi. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengambil formulir di KPP.

e-SPT adalah aplikasi untuk mengisi formulir pelaporan SPT Wajib Pajak badan. Dengan e-SPT Anda hanya perlu menginstal aplikasi, mengisi perhitungan pajak dan menyiapkan data pendukung tanpa harus terhubung ke internet.

Kemudian Anda hanya perlu memasukkan data dari e-SPT menggunakan e-Filing. Meskipun e-SPT dan e-Filling berkaitan erat, namun kedua aplikasi ini bukanlah hal yang sama. Karena e-SPT merupakan media pelaporan pajak, sedangkan e-Filing adalah cara penyampaian SPT.

 

Baca juga : Aplikasi Pengubah Wajah Jadi Kartun

 

LinovHR

Bayangkan dampaknya jika perusahaan Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan strategi pengembangan perusahaan. Tentu saja, ini membantu meningkatkan perkembangan perusahaan secara signifikan.

✅REKOMENDED:  E-commerce Populer  2023, Belanja Online jadi Favorite

Perusahaan perlu fokus pada hal-hal penting lainnya, menyederhanakan proses manajemen, dan lebih praktis namun akurat.

Aplikasi Hitung Pajak Otomatis PPh 21 yang juga dikenal dengan software payroll menjadi solusi yang tepat untuk menghitung PPh 21.

LinovHR Payroll Software memiliki beragam fitur untuk mengelola payroll. Salah satunya adalah menghitung PP21 lebih cepat dan akurat.

Fitur penghitungan pajak memungkinkan Anda untuk melihat simulasi pajak (PPh21) yang harus dibayarkan perusahaan kepada menteri pajak dalam setahun.

Semua perhitungan yang dilakukan oleh LinovHR didukung oleh sistem yang canggih dan aman yang menjamin keamanan informasi karyawan.

Namun jika Anda membutuhkan solusi perhitungan PPh 21 yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan

Layanan Payroll LinovHR adalah solusi paket lengkap untuk menghitung PPh21. Anda tidak perlu lagi repot mengurus pajak karyawan. Hal ini dikarenakan proses pengelolaan pajak untuk seluruh karyawan ditangani oleh layanan payroll LinovHR. Layanan Penggajian LinovHR didukung oleh tim spesialis penggajian dan perangkat lunak penggajian terbaik, menjadikan pengelolaan pajak karyawan lebih cepat dan akurat.

 

Baca juga : Aplikasi Kirim dan Terima Uang dari Luar Negeri

 

Demikian ulasan mengenai beberapa Aplikasi Menghitung Pajak Otomatis yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

. Aplikasi Hitung Pajak Otomatis