Mudah, Cara Ganti Password Gmail

NFT – Account email Anda takut terkena hack ? Tidak boleh cemas karena ada Langkah ganti kata sandi Gmail yang cukup mudah. Ganti kata sandi secara berkala ini bisa meningkatkan  keamanan akun dari gempuran hacker. Apalagi Service e-mail menjadi sangat penting dalam kegiatan di masa sekarang.

Gmail sendiri sebagai service e-mail dari Google, sebenarnya memiliki fitur dan tingkat keamanan  yang ketat sekali dibanding service e-mail lainnya. Nilai plus nya memakai service e-mail dari Google adalah, Anda akan otomatis bisa tertaut dengan produk Google lainnya. Walaupun begitu, tetap masih ada saja beberapa kasus yang account gmailnya di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengantisipasi hal ini, maka kita perlu mengganti kata sandi email kita secara berkala. Terutama bila akun email Anda memuat banyak surat penting dan informasi rahasia perusahaan.

Ada 2 langkah mudah untuk Anda mengganti kata sandi email Google. Yaitu memakai Situs Browser (Mozilla, Chrome, dll) atau memakai program gmail yang sudah terinstall di HP Android Anda.

 

 

Memakai Situs Browser

Ganti Password Gmail via Chrome Brwoser
Ganti Password Gmail via Chrome Brwoser

Saat ini ada banyak sekali situs browser yang support akses web https secara aman. Sebagai panduan kali ini, Anda dapat memakai situs browser Chrome yang juga merupana produsk Google.

Bila Anda belum mempunya browser Chrome pada komputer atau laptop Anda, maka anda bisa mengunduhnya disini :

✅REKOMENDED:  Mengirim dan Menerima Uang dari Luar Negeri ke Indonesia, Semudah membalik Telapak Tangan

Google Chrome install PC

 

Langkah cara merubah kata sandi email Google via Chrome :

  1. Masuk ke google.com dan login dengan akun email Anda
  2. Masuk ke Personal Akun dengan meng-klik icon foto profil di bagian kanan atas
  3. Klik “Manage your Google Account”
  4. Kemudian Klik menu “Security” atau “Keamanan”
  5. Pada halaman security silakan scroll kebawah dan cari “sandi last changed”
  6. Google akan meminta Verifikasi untuk loghin dengan kata sandi lama sebagai langkah keamanan
  7. Lalu akan muncul tampilan baru untuk Anda membuat kata sandi baru
  8. Anda akan di minta memasukan kata sandi baru sebanyak 2x sebagai konfirmasi
  9. Kemudian Anda klik “Change sandi”, dan kata sandi emailmu sudah berubah menjadi kata sandi baru.

 

 

Memakai Aplikasi Gmail

Ganti Password Gmail via HP Android
Ganti Password Gmail via HP Android

Selain memakai Browser Chrome untuk mengganti kata sandi, Anda juga bisa mengganti kata sandi email anda melalui HP Android. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengunduh Chrome pada HP Android Anda melalui Play Store.

 

Langkah cara merubah kata sandi email Google via HP :

  1. Unduh chrome pada HP Android Anda melalui playstore disini
  2. Setelah terunduh, buka program gmail untuk mengganti kata sandi nya menjadi kata sandi baru dengan cara klik icon baris tiga pada sudut kiri atas HP.
  3. Kemudian akan muncul beberapa menu, polihlah menu “Manage My Akun”
  4. Klik menu “Sign-in” dan “Security” lalu change sandi menjadi kata sandi baru.
  5. Klik “Konfirm” atau “Ganti Sandi” setelah Anda mengisi kata sandi baru
  6. Lalu lakukan test apakah kata sandi Anda sudah berubah, dengan cara melakukan log-out lalu log-in kembali pada akun gmail Anda
  7. Dan selesai
✅REKOMENDED:  Aplikasi Edit Foto Terbaik Tahun Ini

 

Tips Membuat Kata Sandi yang Unik

Kata Sandi adalah hal penting yang sebisa mungkin jangan di ketahui oleh orang lain, baik itu keluarga, saudara ataupun teman.

Membuat kata sandi bisa di bilang gampang-gampang susah, Anda harus bisa membuat kata sandi yang tidak bisa tertebak oleh orang lain.

 

Berikut beberapa tips membuat kata sandi yang aman dan unik :

  1. Jangan hanya memakai Angka saja. Terutama angka yang merupakan tanggal dan bulan lahir Anda. Hal ini sangat riskan karena gampang tertebak oleh seorang hacker.
  2. Sebaiknya jangan memakai kata yang terlalu umum karena hal ini gampang di terka. Misalnya : sandi, 123456, admin, nama panggilan, nama kecil, nama anak, nama istri/suami, nama ibn/bapak.
  3. Untuk membuat kata sandi yang kuat dana man, gunakan gabungan huruf, angka dan symbol (#,@,$,dll) atau lambang lainnya.
  4. Gunakan gabungan huruf besar dan huruf kecil untuk meningkatkan keamanan
  5. Jangan menggunakan kata sandi yang sangat pendek walaupun telah memakai gabungan huruf dan angka. Semakin panjang kata sandi Anda, maka semakin susah pula hacker untuk menjebolnya.
✅REKOMENDED:  Kupu Kupu Malam Web Series, ada Adegan Panas yang Tak Biasa

 

Hal Lain yang Harus di Perhatikan

Saat Anda membukan email dengan menggunakan browser, pastikan bahwa browser Anda tidak terinstall dengan plugin atau Extentions yang kurang terpercaya.

Contohnya adalah extensions untuk VPN, dimana jika Anda login gmail dengan VPN maka Anda harus mengakses ke computer server terlebih dahulu. Jika Anda ingin memakai VPN maka gunakanlah VPN yang terpercaya. Jangan sekali-sekali Anda memakai VPN gratis saat akan login ke email Anda. Karena sudah banyak sekali kasus semacam ini yang akhirannya dapat membobol sandi gmail walau telah memakai gabungan huruf dan angka yang kuat.

Hal ini juga berlaku untuk para pengguna smartphone Android yang mengunduh Aplikasi VPN versi Gratis. Saat Anda ingin membuka atau memakai email, pastikan bahwa VPN yang Anda gunakan aman dan terpercaya. Karena tidak semuanya service VPN dapat kita percaya begitu saja. Bisa jadi di balik service gratis ini, data privacy para pengguna akan dipasarkan pada orang lain.

Begitulah  panduan Cara Ganti Password Gmail. Semoga bermanfaat. (*)