Cara Menganalisa Fundamental Saham

Sulawesinews.com – Jaman sekarang banyak orang yang mulai tertarik untuk membeli Saham dan menjadikannya salah satu investasi di masa depan.

Hal ini terjadi karena generasi sekarang adalah generasi yang melek akan teknologi. Dengan derasnya arus informasi dari berbagai arah, membuat generasi millenial ini dengan cepat menyerap informasi bisnis dan investasi.

 

Cara paling mudah untuk berinvestasi jangka panjang adalah dengan investasi saham. Tetapi tentu saja membeli saham tidak langsung serta merta membeli begitu saja. Ada beberapa parameter dan analisa yang harus dilakukan supaya Anda tidak mengalami kerugian di masa depan.

 

Salah satu caranya adalah dengan melakukan analisi saham. Bagaimana cara menganasilisis saham?

Analisis Fundamental Saham Pemula
Analisis Fundamental Saham Pemula

 

Untuk melakukan analisis saham, Anda memerlukan beberapa tahap  untuk mendapatkan informasi yang tepat. Silahkan simak ulasan kami di bawah ini tentang Analisis Fundamental Saham.

 

Ada beberapa cara untuk melakukan analisis fundamental saham.

 

✅REKOMENDED:  Apakah Forex Termasuk Judi? Ini Jawabannya

1. Pilih perusahaan yang baik dan solid

Tentunya hal ini terkait dengan kinerja keuangan perusahaan yang sudah terbukti dan prospek ke depan. Anda dapat menggunakan history dan catatan pembukuan masa lalu untuk menilai apakah suatu perusahaan baik atau buruk.

 

2. Standar harga saham yang sesuai

Analisis fundamental saham dilakukan untuk membeli saham dengan harga yang baik dengan prospek kedepan yang cerah. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan referensi khusus untuk menentukan saham murah atau mahal dan menghindari membelinya jika memang prospek kedepannya buruk.

 

3. Margin of Safety (MOS)

Konsep ini digunakan untuk membuat prediksi yang berfungsi untuk memprediksi ketidakpastian masa depan. Tentunya hal ini akan disesuaikan dengan prakiraan dan harga referensi yang akan mempengaruhi prediksi saham di masa yang akan datang.

 

4. Catatan Laporan Keuangan

Laporan keuangan dapat disamakan dengan kitab suci dalam Analisis Fundamental Saham. Tentu saja, Anda perlu tahu cara membaca dan menganalisis laporan keuangan perusahaan Anda sesuai dengan indikator tertentu.

✅REKOMENDED:  Strategi Investasi Saham Warren Buffet yang Bisa Ditiru

 

Baca juga : Tips Membeli Sajam IPO Untuk Pemula

 

5. Perhatikan dividen

Dividen adalah bagi hasil yang dibayarkan secara tunai kepada pemegang saham berdasarkan kesepakatan. Pembayaran dividen juga menunjukkan bahwa perusahaan sehat dengan arus kas yang kuat.

 

6. Sumber informasi yang valid

Sumber, kinerja keuangan, latar belakang perusahaan, dan hal-hal penting lainnya harus berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan valid. Tentu saja, hindari situs selain sumber resmi Bursa Efek Indonesia.

 

Analisis Fundamental Saham
Analisis Fundamental Saham

 

Anda bisa melihat beragam jenis reffrensi harga saham pada lama IDX Bursa Efek Indonesia.

Selain itu, Anda perlu nenperhatikan apakah Perusahaan tersebut memiliki sertifikasi yang dipersyaratkan oleh investor sebagai acuan. Sertifikasi saham untuk diperhatikanMemperoleh sertifikat saham merupakan bagian penting dari analisis pasar.

Seperti yang telah diketahui selama satu dekade terakhir, pasar saham sedang naik daun. Tentu saja, perkembangan pasar modal ini membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang ini. Tentu saja, orang ini sudah mumpuni di pasar modal sebagai bentuk pembuktian nilai dirinya sebagai seorang analis.

✅REKOMENDED:  Daftar Pilihan Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

 

Adanya akreditasi pasar modal akan melahirkan seseorang yang ahli dan ahli di bidang ini. Mereka yang ingin bekerja di pasar modal harus melengkapi berbagai sertifikasi saham yang dipersyaratkan.

Berinvestasi saham sangat populer di Indonesia. Oleh karena itu, investor pemula perlu mempelajari analisis fundamental saham untuk memilih perusahaan yang tepat.

Belajar ilmu di pasar modal bisa dilakukan dari buku-buku analisis fundamental saham yang bisa kita temukan atau di internet. Namun jika teori saja tidak selalu cukup, Anda perlu menambah wawasan, baik secara praktik maupun melalui pengalaman orang lain.

Berpartisipasi dalam pelatihan sertifikasi kompetensi bagi analis sekuritas untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang analisis fundamental ekuitas. Semoga bermanfaat.**