Ingin Merintis Wirausaha? 6 Rekomendasi Bisnis Rumahan Dan Tips Menghindari Kerugian

 

Saat ini, ada banyak peluang bisnis kecil yang menghasilkan keuntungan besar. Artinya, keuntungan yang bisa dihasilkan, namun dengan mengeluarkan modal yang relatif kecil, sangat menjanjikan.

Bagi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, simak berbagai rekomendasi bisnis rumahan berikut tips menghindari kerugian saat melakukannya di bawah ini.

 

Rekomendasi Bisnis Usaha Kecil Rumahan

Tips Bisnis Rumahan
Tips Bisnis Rumahan

1. Minuman kopi Kekinian

Menjual kopi kekinian dengan tampilan modern berpotensi menjadi usaha kecil dengan penjualan yang menjanjikan. Kopi Kekinian sering dicari sebagai penyemangat bagi mereka yang bekerja di rumah.

Untuk membuat Kopi Kekinian, Anda perlu membeli kopi hitam instan bebas gula, susu, dan berbagai sirup untuk menambah cita rasa kopi Anda. Dengan begitu, biaya produksi yang dikeluarkan lebih rendah dibandingkan jika menggunakan kopi bubuk langsung dari bijinya.

 

Baca juga : Tips Sukses Berbisnis Kuliner Rumahan

 

2. Kios Pulsa dan pembayaran lainnya

Pemilik kios memperoleh penghasilan melalui selisih nominal dari transaksi pembayaran yang dilakukan melalui kios. Walaupun semua orang sekarang sudah dapat mengakses internet melalui koneksi Wi-Fi, tetapi pada kenyataannya banya orang masih memerlukan pulsa untuk menjaga kartu ponsel mereka tetap aktif.

Sertakan juga bahwa kios Anda menawarkan jasa pembayaran tagihan listrik, internet, PBB, dan pembayaran lainnya untuk menjaga penghasilan Anda terus bertambah. Kios rumah sering dipilih masyarakat karena tidak perlu jauh-jauh ke kantor tempat pembayaran dilakukan.

✅REKOMENDED:  Yuk Kenali Bagaimana Trading Forex Menurut Islam!

 

3. Hampers dan Hadiah Seserahan

Sejak pandemi, banyak yang oarng yang membuka usaha Hampers, Hadiah dan Seserahan sebagai tanda cinta, karena pandemi Covid-19 telah membatasi mereka untuk bepergian. Dengan pilihan yang beragam, mulai dari hadiah alat makan, makanan lezat, cookies, peralatan sholat, dan beragam jenis hadiah lainnya yang cukup di sukai masyarakat.

Jika ingin mengembangkan variasi, Anda bisa mencoba menjual jasa penyedian hadiah seserahan untuk lamaran atau pernikahan loh. Karena mengingat Hampers dan Seserahan merupakan salah satu unsur yang harus diberikan pada acara sakral, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis ini bisa lebih besar.

 

Baca juga : Tips Investasi Saham Jangka Panjang dan Jangka Pendek

 

4. Jual Minuman Segar Kekinian

Minuman menyegarkan kekinian seperti jus, thai tea, boba dan jenis minuman lainnya masih banyak dicari oleh masyarakat umum. Sayangnya, minuman ini hanya banyak ditemukan di mall dengan harga yang cukup mahal. Anda bisa mengambil peluang ini, dengan membuka toko minuman segar kekinian sebagai usaha kecil di rumah.

Anda dapat menarik tetangga di sekitar rumah untuk menjadi pelanggan Anda. Biasanya anak-anak kecil yang bermain pun juga cukup menyukain minuman jenis ini. Anda bisa menjual minuman Anda dengan harga yang lebih terjangkau dalam kemasan kecil. Dan Anda tidak perlu menyewa tempat yang mahal karena Anda membukanya di rumah Anda.

✅REKOMENDED:  Investasi Pensiun Terbaik yang Menghasilkan Pendapatan

 

5. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Dropship adalah sistem yang menjual barang, dan penjual hanya bertanggung jawab untuk mentransfer pesanan pembeli ke pemasok. Dan pemasok yang akan mengirimkan barang kepada pembeli. Sistem ini cocok untuk orang dengan modal terbatas.

Di sisi lain, sebagai reseller, adalah tugas Anda untuk membeli stok dari pemasok untuk dijual kembali nanti. Oleh karena itu, sistem ini cocok bagi mereka yang sudah memiliki modal yang cukup untuk melakukan pembelian dan memiliki stok barang.Kedua sistem penjualan ini dapat membawa banyak keuntungan dari rumah.

 

Baca juga : Latte Factor, Penyebab Susah Menabung

 

6. Katering untuk masakan rumah dan makanan ringan

Catering masakan rumahan bisa menjadi rekomendasi usaha kecil-kecilan yang patut dicoba. Dengan menyediakan catering rumahan, Anda bisa menjangkau dan menjual kepada para penghuni kos yang tidak memiliki dapur tapi mencari makanan murah dan enak.

Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda dengan menjual makanan ringan dan snack ke berbagai acara. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan uang dari bisnis catering rumahan Anda.

 

Hindari Kerugian saat Menjalankan Bisnis

Saat Anda baru menjalankan bisnis kecil-kecilan, tidak menutup kemungkinan jika Anda akan mengalami kerugian. Namun, kerugian ini dapat dihindari dengan cara berikut:

✅REKOMENDED:  Ini Benefit Berinvestasi Reksadana Bagi Setiap Investor

 

Baca juga : 13 Ide Bisnis Makanan Kekinian

 

1. Disiplin Mengelola Manajemen

Sekalipun Anda mengelola usaha kecil, Anda tetap perlu kedisiplinan untuk mengelola manajemen usaha Anda, seperti menampilkan inventaris dan mencatat pembelanjaan bahan baku dan aset bisnis.

Dengan manajemen yang baik, Anda dapat mengetahui jumlah untung dan rugi pada periode penjualan.

2. Tentukan promosi yang sesuai

Promosi yang tepat menjadi salah satu pemicu tingginya penjualan bisnis yang sedang berjalan. Untuk melakukan promosi, pengusaha harus menentukan bentuk promosi yang akan dilakukan beserta anggaran yang harus dikeluarkan.

Secara umum, setelah promosi, lebih banyak orang yang mengenal produk dan layanan yang Anda jual dan dapat menarik pelanggan tetap.

 

3. Lakukan perhitungan modal

Meskipun modal yang digunakan tidak terlalu besar, namun Anda tetap perlu melakukan perhitungan modal dengan baik. Anda dapat menggunakan perhitungan modal untuk menentukan berbagai langkah yang dapat Anda ambil kedepannya untuk menghindari kerugian bisnis Anda.

 

Baca juga : Cara Membeli Reksadana Saham Untuk Investor Pemula

 

Sudah  diketahui secara umum bahwa Wirausahawan membutuhkan keterampilan untuk berbisnis, selain harus memiliki modal yang cukup dan strategi yang bijak untuk membuka peluang usaha dan mempertahankan usahanya.

Keterampilan ini dapat dikembangkan dengan memperoleh wawasan dari berbagai sumber. Salah satunya adalah dengan mengikuti webinar dan seminar kewirausahaan.

 

SEMINAR WIRAUSAHA PEMULA :