Investasi Crypto untuk Pemula, Perhatikan Dulu Hal Ini

Sulawesinews.com – Maraknya berita negative tentang cryptocurrency beberapa waktu belakangan ini, tidak membuat minat investasi crypto untuk pemula menurun. Pasalnya jika dilakukan dengan benar, investasi mata uang digital ini aman dan bisa mendatangkan keuntungan sangat besar.

Crypto atau cryptocurrency beberapa tahun belakangan ini memang kian populer di kalangan para investor. Hal ini membuat harga crypto juga semakin meningkat sehingga mampu mendatangkan keuntungan sangat besar.

 

Crypto sendiri merupakan mata uang digital hanya hanya bisa digunakan dan berlaku dalam transaksi di dunia digital saja. Mata uang ini bisa digunakan untuk berbagai transaksi digital mulai dari membeli game hingga berbelanja barang.

Saat ini ada banyak jenis investasi crypto untuk pemula yang populer di dunia. Di antaranya adalah bitcoin, ethereum, litecoin dan masih banyak lagi. Setiap jenis mata uang crypto memiliki nilai atau harga tersendiri akan tetapi untuk saat ini bitcoin masih berada di posisi pertama.

 

Investasi crypto memang bisa mendatangkan keuntungan besar. Akan tetapi sebelum memutuskan untuk terjun dalam bisnis ini, pahami dulu berbagai hal penting seperti berikut.

 

 

Cara Investasi Crypto untuk Pemula

 

Investasi Crypto untuk Pemula
Investasi Crypto untuk Pemula

Investasi crypto atau mata uang digital ini dilakukan secara online. Transaksi jual beli crypto terjadi di exchange yang merupakan platform untuk mempertemukan penjual dan pembeli bahkan hingga transfer aset kripto. Untuk bisa berinvestasi kripto, Anda perlu tahu langkah-langkahnya seperti di bawah ini :

  1. Buka akun trading di platform exchange
  2. Dapatkan verifikasi KYC
  3. Melakukan deposit
  4. Memilih pair aset kripto
  5. Mulai order

 

Jika telah memiliki akun investasi crypto untuk pemula, Anda sudah bisa mulai untuk melakukan transaksi jual beli. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan withdraw atau penarikan dana, transfer aset kripto ke wallet dan masih banyak lagi.

✅REKOMENDED:  8 Ide Jualan di Bulan Ramadan 2022 Bikin Kantong Tebal

Perlu Anda ketahui, bahwa semua proses investasi kripto dilakukan secara online. Hal ini pastinya memudahkan siapa saja untuk bisa berinvestasi dan memulai transaksi karena bisa dilakukan dengan mudah.

 

Selain mudah, investasi crypto untuk pemula juga tidak membutuhkan peran broker. Transaksi crypto bisa dilakukan langsung oleh investor. Hal ini membuat risiko investasi crypto bisa diatur sendiri oleh trader tanpa adanya campur tangan broker.

 

 

Anda Mungkin Juga Suka :

 

Jenis-Jenis Investasi Cryptocurrency yang Perlu Diketahui

 

Saat ini ada banyak sekali pilihan mata uang crypto yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa contoh jenis mata uang crypto yang paling populer di dunia :

1.  Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang crypto yang paling populer dan tertua di dunia. Mata uang digital ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 dan nilainya terus mengalami peningkatan hingga sekarang menjadi salah satu crypto termahal di dunia.

2. Litecoin

Bagi Anda yang ingin investasi crypto untuk pemula akan tetapi belum mampu membeli bitcoin, Litecoin mungkin bisa menjadi pilihan. Mata uang digital ini pertama kali dirilis pada tahun 2011 dan langsung populer hingga sekarang.

3. Dogecoin

Dogecoin merupakan jenis mata uang kripto yang pertama kali muncul pada tahun 2013. Dogecoin memiliki nilai yang lebih rendah dari bitcoin dan litecoin sehingga cocok untuk investor pemula. Selain untuk investasi, kripto jenis ini biasanya digunakan untuk donasi dan memberi tip.

✅REKOMENDED:  Kenali Pengertian dan Ciri Saham Gorengan

4. Bitcoincash

Jenis selanjutnya dari investasi crypto untuk pemula adalah bitcoincash. Koin kripto ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2017. Meskipun termasuk baru, akan tetapi koin mata uang digital ini telah menjadi lima cryptocurrency terbaik saat ini.

 

 

Keuntungan Bisnis Investasi Cryptocurrency

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, instrument investasi semakin beragam. Tidak hanya saham saja, saat ini investasi cryptocurrency juga semakin populer. Selain karena menawarkan kemudahan, investasi jenis ini juga menawarkan keuntungan besar.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memulai investasi crypto untuk pemula ini. Salah satunya adalah bisa mendatangkan keuntungan yang sangat tinggi. Hal ini karena harga mata uang kripto bisa mengalami peningkatan cukup drastis hanya dalam waktu singkat saja.

 

Tidak hanya itu, mata uang kripto juga bersifat universal sehingga tidak ada syarat apapun untuk menggunakannya. Jadi siapapun bisa membeli dan menjual mata uang kripto dengan bebas, kapan saja serta dimana saja secara mudah.

Keuntungan lainnya yang perlu diketahui dari investasi crypto untuk pemula adalah bersifat transparan. Semua transaksi bisa dilihat oleh pengguna cryptocurrency. Akan tetapi masih ada batasan karena bukti transaksi hanya berupa angka tanpa identitas.

 

Saat ini cryptocurrency juga telah bisa digunakan sebagai alat transaksi di berbagai e-commerce. e-Bay dan Amazon adalah contoh e-commerce yang menerima transaksi menggunakan mata uang cryptocurrency ini.

✅REKOMENDED:  Alokasikan 707,7 Miliar, Facebook sedang Kembangkan Metaverse

Investasi cryto memang menawarkan berbagai keuntungan untuk penggunanya. Meskipun demikian, cryptocurrency juga memiliki risiko yang cukup tinggi. Maka dari itu, sebelum investasi crypto untuk pemula, pastikan pahami dulu kelebihan dan kekurangannya.

 

 

Resiko Bisnis Investasi Cryptocurrency

Cryptocurrency atau mata uang kripto memang mulai disukai oleh banyak orang. Harganya pun makin meroket tinggi dari hari ke hari dan memecahkan rejow tertingginya.

Banyak orang pun mulai berlomba-lomba untuk mendapatkan uang di bisnis investasi Crytocurrency. Namun di balik keuntungan yang terlihat di depan mata, bisnis investasi cryptocurrency juga membawa banyak risiko di  dalamnya.

 

Tiga risiko investasi kripto yang harus dipahami adalah:

 

  1. Karena media pertukaran hanya menggunakan enkripsi kriptografi, risiko cryptocurrency terbilang relatif tinggi. Artinya tidak ada jaminan berupa aset dari investasi bisnis yang ditanamkan oleh para investornya.

 

  1. Fluktuasi harga uang digital yang cukup tinggi dan kurang stabil. Oleh karena itu, ini adalah merupakan salah satu transaksi bisnis investasi yang paling spekulatif.

 

  1. Posisi perdagangan Cryptocurrency bukanlah aset, tetapi diperdagangkan seperti pasar derivatif. Kondisi ini dapat menimbulkan banyak penipuan, penggelapan, dan peluang transaksi abal-abal.

 

Sejumlah pakar telah banyak mengeluarkan peringatan tentang risiko dalam bisnis investasi Cryptocurrency. Dengan tingginnya tingkat resiko dan fluktuasi harga, maka sebaiknya Anda jangan menggunakan uang pinjaman atau uang kebutuhan sehari-hari untuk di pakai dalam bisnis investasi ini. Karena risiko berinvestasi dalam mata uang kripto sangat tinggi.

 

Mau Coba Belajar Invetasi Saham dan Crypto :