Investasi Anak Muda
Investasi Anak Muda

Jenis Investasi yang Cocok Dilakukan Anak Muda

Sulawesinews.com – Investasi Anak Muda. Mempersiapkan tabungan hari tua merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi setiap orang. Bersiaplah sejak dini agar ketika nanti memasuki usia tua, Anda bisa menikmati hasil kerja keras Anda di masa muda.

Advertisement

Ada banyak cara untuk menyiapkan tabungan pensiun. Anda bisa menabung di bank atau menyisihkan sebagian kecil gaji Anda untuk investasi jangka panjang.

 

Advertisement

Investasi jangka panjang adalah investasi yang membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun untuk menghasilkan keuntungan. Hasil investasi ini bisa dinikmati dalam 5 tahun, belasan atau puluhan tahun di masa depan. Oleh karena itu, investasi anak mudah ini cocok bagi kaum muda yang ingin mempersiapkan masa pensiun dengan dana pensiun yang cukup dari hasil investasi.

 

Meski begitu, masih banyak anak muda yang beranggapan bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah kaya dan memiliki banyak uang. Padahal di masa muda adalah waktu yang sangat tepat untuk mulai berinvestasi bagi jaminan dana hari tua.

 

Paling Viral : Waspada Saham Gorengan Hai Para Investor Nrewbie

 

Berikut kami rangkum beberapa jenis investasi anak muda yang bisa Anda pilih.

 

1. Deposito Berjangka

Advertisement

Jika Anda memiliki tujuan jangka panjang, berinvestasi di deposito berjangka bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan kekayaan.

Sistem pengelolaan deposito berjangka sangat sederhana, Anda hanya perlu menyimpan sejumlah uang dalam jangka waktu tertentu dan memperoleh pendapatan bunga dari waktu ke waktu.Apa kekurangan ketika berinvestasi deposito berjangka adalah Anda tidak dapat selalu menarik uang yang telah Anda investasikan. Dana ini hanya dapat ditarik setelah jangka waktu tertentu berlalu.

 

2. Investasi Cryptocurrency

Investasi Cryptocurrency sangat populer dan merupakan jenis investasi yang banyak dilakukan terutama oleh kaum muda.Banyak investor muda memasukkan uang ke dalam cryptocurrency dengan tujuan meningkatkan nilainya dari waktu ke waktu.

Advertisement

Bahkan ada kalanya cryptocurrency mengalami lonjakan besar hanya dalam waktu singkat, membawa keuntungan besar bagi investor yang memilikinya.

 

Baca juga : Cara Membeli Reksadana Saham Untuk Investor Pemula

 

3. Investasi Properti

Dibutuhkan banyak uang untuk mulai berinvestasi di sektor real estate, itulah sebabnya tidak semua anak muda dapat berinvestasi di property. Namun, jika Anda sudah memiliki modal yang cukup untuk membayar uang muka properti Anda, ini bisa menjadi langkah awal dalam memulai investasi property.

Secara garis besar, ada dua cara untuk menghasilkan uang dari sektor property. Pertama, dapatkan pendapatan sewa dengan menyewakan properti kepada orang lain.Kedua, Anda bisa menunggu sampai harga property naik dan menjualnya kembali untuk mendapat untung.

 

4. Reksadana

Reksadana dapat dilakukan dengan memulai dari modal kecil Rp 100ribu. Bahkan sekarang ada banyak platform sekali yang memungkinkan Anda membeli produk investasi dengan sangat mudah.Anda hanya perlu membaca prospektus dan membiarkan manajer investasi (MI) yang berpengalaman mengelola dana investasi Anda.

Ada banyak jenis instrumen investasi anak muda yang bisa Anda coba, tetapi bagi mereka yang relatif baru di dunia investasi, cobalah Instrumen Investasi Pasar Uang atau Reksa Dana Campuran. Tetapi Anda perlu juga untuk menghitung keuntungan dan risiko yang ada untuk setiap jenis investasi tersebut.

 

5. Investasi Saham

Saham adalah sarana investasi yang sangat populer. Banyak orang berhenti dari pekerjaan tetap mereka untuk berinvestasi di saham.Investasi saham sama dengan membeli sebagian saham dari perusahaan publik dan menjadi pemilik modal di belakang layar.

Saham dikenal sebagai investasi berisiko tinggi dengan keuntungan juga tinggi. Keuntungan tahunan saham bisa mencapai 35%.Sebelum Anda memulai dan membeli sebuah saham  dari perusahaan public, ada baiknya Anda melakukan Analisis fundamental saham dan Analisis Teknikal lainnya. Setidaknya Anda harus dipelajari terlebih dahulu akan hal analisi ini untuk menghindari kerugian di kemudian hari.

 

Baca Juga : 4 Tips Memilih Saham IPO Untuk Investor Pemula

 

6. Investasi Emas

Emas telah dipercaya oleh banyak orang sejak lama dan merupakan investasi yang terus berkembang dan stabil hingga saat ini.Banyak orang berinvestasi emas karena nilai emas stabil dan merupakan salah satu cara untuk mengamankan harta kekayaan.

Jika Anda ingin berinvestasi emas, kami sangat menyarankan untuk membeli emas digital. Selain aman karena tidak perlu disimpan secara fisik, penyimpanannya juga mudah.Saat ini sudah banyak platform penyedia investasi emas digital, seperti Koin Gold dari Koin Works.Anda dapat berinvestasi di Digital Gold mulai dari Rp 1000 tanpa biaya pengelolaan. Selain itu, nantinya bisa ditukar dengan emas fisik.

 

 

Itulah beberapa pilihan jenis investasi anak muda yang bisa Anda pilih dan pertimbangkan. Perlu di ingat bahwa semakin dini Anda menabung atau berinvestasi, maka semakin banyak pula yang akan Anda dapatkan di masa pensiun Anda. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi.

 

. Investasi Anak Muda

Advertisement

✅REKOMENDED:  Mengirim dan Menerima Uang dari Luar Negeri ke Indonesia, Semudah membalik Telapak Tangan