Keuntungan Investasi Reksadana Bagi Generasi Milenial

Keuntungan investasi Reksadana yang akan diperoleh seorang investor biasanya ditentukan oleh berbagai faktor. Mulai dari jenis instrumennya, pergerakan di pasar naik turunnya volume perdagangan, perubahan NAB dan lain sebagainya.

Bagi generasi millenial yang rata-rata berusia remaja hingga muda, Reksadana merupakan salah satu pilihan terbaik. Selain menyediakan beberapa jenis instrumen, ada beberapa keuntungan jika berinvestasi pada salah satu jenisnya.

 

Keuntungan investasi Reksadana bagi Millenial
Keuntungan investasi Reksadana bagi Millenial

 

Baca juga : Tips Trading Untuk Pemula Agar Tidak Rugi

Keuntungan Investasi Reksadana untuk Anak-anak Muda

Keuntungan tersebut adalah sebagai tabungan mereka untuk mempersiapkan masa depannya. Selain itu, investor millienial berpeluang mendapatkan keuntungan lebih besar jika berinvestasi dalam jangka panjang, serta mengganti mindset menabung secara tradisional.

 

1. Sebagai Tabungan di Masa Depan

Reksadana bisa digunakan sebagai tabungan di masa depan atau dana pensiun jika sudah tidak bekerja. Hanya saja, Anda memerlukan kecermatan khusus jika menetapkan tujuan ini dengan memilih instrumen terbaik.

Keuntungan investasi Reksadana tersebut bisa Anda peroleh dengan memilih berinvestasi dalam bentuk saham dengan risiko tinggi. Bisa juga memilih obligasi yang berisiko moderat atau menengah, sesuai dengan kemampuan masing-masing.

 

 

2. Berpeluang Mendapatkan Keuntungan Besar

Berinvestasi dalam jangka panjang merupakan salah satu strategi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Jika memilih Reksadana, instrumen saham merupakan pilihan paling tepat karena bisa disimpan dalam waktu lama.

✅REKOMENDED:  Latte Factor, Penyebab Susah Menabung

Terlebih jika dilihat dari segi usia, hal tersebut bisa diraih dengan cepat asalkan memulai berinvestasi sejak dini. Selain itu, keuntungan besar itu bisa menjadi pemasukan tambahan jika masih aktif bekerja.

 

 

3. Mengganti Mindset Menabung Secara Tradisional

Salah satu keuntungan investasi Reksadana yang paling penting adalah kemampuannya mengganti mindset menabung secara konvensional. Jika dahulu menabung pangkal kekayaan, saat ini hal tersebut secara perlahan digeser oleh investasi.

Berinvestasi pada produk tertentu relatif mampu bertahan dari inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Sebagai generasi millenial, mindset semacam ini tidak sulit diterapkan karena edukasi mengenai investasi telah berkembang sedemikian pesatnya.

 

Baca juga : Mengenal Jenis Saham Untuk Investasi Beserta Contohnya

 

 

Tips Mudah Berinvestasi dalam Bentuk Reksadana

Agar bisa meraih keuntungan investasi Reksadana secara signifikan, ada beberapa cara ampuh untuk mewujudkan hal tersebut. Mulai dari mengidentifikasi tujuan berinvestasi dan mengenali risikonya, serta menyesuaikan dengan karakteristik investasi.

 

 

1. Mengidentifikasi Tujuan Beserta Risikonya

Menetapkan tujuan sebelum memulai berinvestasi merupakan hal utama yang harus dilakukan agar prosesnya lebih terarah. Pastikan mengenali kebutuhan Anda dari kegiatan tersebut, apakah ingin menabung, mempersiapkan biaya pensiun, dan lainnya.

Tujuan yang telah ditetapkan akan membantu Anda untuk melakukan kegiatan dalam berinvestasi secara efektif. Terlebih jika hal tersebut telah disesuaikan dengan profil risiko pribadi, tentu hasilnya akan jauh lebih maksimal.

✅REKOMENDED:  Investasi Crypto untuk Pemula, Perhatikan Dulu Hal Ini

 

 

2. Pilih Karakteristik yang Sesuai Ketika Berinvestasi

Besar kecilnya keuntungan investasi Reksadana tidak lepas dari kesesuaian antara karakteristik investor dengan gaya investasinya. Beberapa pilihannya adalah konservatif, moderat, hingga agresif, yang akan menjadi profil dari investor tersebut.

Konservatif merupakan tipikal investor yang menyukai risiko rendah, sehingga cocok untuk pemula. Sedangkan moderat bermain di risiko sedang. serta agresif merupakan gaya berinvestasi dari investor berpengalaman karena risikonya sangat tinggi.

 

Baca juga : Ingin Profit, Kuasai Cara Trading Saham Sekarang

 

 

Pilih Berinvestasi dalam Jangka Panjang Atau Pendek?

Keuntungan investasi Reksadana tidak bisa didapatkan secara instan sehingga Anda harus mengusahakannya dengan strategi tertentu. Apakah itu dalam bentuk investasi jangka panjang maupun pendek, atau langsung memilih keduanya sekaligus?

 

 

1. Berinvestasi Dalam Jangka Panjang

Jika pilihan Anda jatuh pada jangka panjang, maka proses investasinya bisa berjalan di atas lima tahun. Pada tahap ini, Anda harus memiliki kesabaran selama berinvestasi, sambil memperhatikan opsi yang terbaik.

Berinvestasi dalam jangka panjang juga memungkinkan Anda untuk meraih keuntungan yang lebih tinggi, karena kenaikan nilai pada instrumen. Hanya saja, risikonya juga sangat besar karena pasar tidak lepas dari fluktuasi.

✅REKOMENDED:  Daftar Pilihan Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

 

 

2. Berinvestasi Dalam Jangka Pendek

Keuntungan investasi Reksadana dalam jangka pendek bisa menjadi opsi jika Anda ingin segera mencetak profit. Besar kecilnya dari profit tersebut sangat bergantung pada jenis instrumen seperti apa yang dipilih.

Jika memilih dalam bentuk saham, return atau imbal hasilnya sangat besar namun berisiko tinggi. Opsi lainnya adalah obligasi yang moderat, yakni risikonya sedang dengan keuntungan di bawah dari profit saham.

 

 

3. Berinvestasi Keduanya

Kombinasi antara investasi jangka panjang dengan pendek bisa dipilih sebagai bentuk diversifikasi portfolio. Anda bisa menentukan tujuan dari masing-masing aktivitas tersebut sesuai dengan rencana yang akan diraih di masa depan.

Jika berinvestasi dalam jangka panjang, alokasikan dananya pada perusahaan yang masuk daftar LQ45 atau S&P 500. Jika dilakukan untuk jangka pendek, pilih obligasi atau pasar uang dengan risiko paling rendah.

 

Baca juga : Bisnis Trading Forex, Ini Kekurangan dan Kelebihannya

 

Berinvestasi tanpa menentukan tujuan dan rencana yang akan dicapai, tentu membuat aktivitas tersebut sangat berisiko. Oleh sebab itu. ada baiknya jika memahami keuntungan investasi Reksadana beserta dengan semua risikonya.

 

. Keuntungan Investasi Reksadana