Cara Membeli Reksadana Saham untuk Investor Pemula

Hallo sobat SNews, saat ini kata Reksadana sudah merupakan bukan kaya yang asing lagi di telinga kita. Jaman sekarang pun cukup banyak orang yang tertarik dengan Reksadana dalam banyak rentan usia. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja dan karyawan pun sudah banyak yang tertarik dan mulai berinvestasi pada reksadana.

Didukung pula oleh banyaknya platform invetasi dan reksadana yang memudahkan para investor baru untuk berinvestasi tanpa perlu keluar rumah.

Bahkan saat ini pun, sudah banyak lembaga yang perusahaan yang menyediakan jasa financial konsultan atau jasa workshop belajar invetasi saham atau reksadana untuk pemula, baik offline maupun online.

 

Membeli Reksadana saham pada saat ini sangatlah mudah, karena platformnya mudah ditemukan di internet. Cukup dengan membuat akun menggunakan email atau nomor ponsel yang masih aktif, masyarakat bisa langsung berinvestasi.

Menabung secara konvensional sebagai persiapan untuk menyongsong masa depan perlahan sudah mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya, masyarakat mulai mengalihkan tabungannya dalam bentuk investasi ke berbagai produk pasar modal seperti reksadana misalnya.

 

Saham Rekasadana Untuk Pemula
Saham Rekasadana Untuk Pemula

 

Tahap-tahapan Ketika Membeli Reksadana Saham untuk Pemula

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu pada sebuah penyedia jasa, Setelah itu, deposit dana sesuai dengan ketentuan untuk memilih dan kemudian membeli produk investasi.

 

1. Mendaftar Terlebih Dahulu Pada Platform Investasi Online

Sebagai pemula, Anda bisa memilih platform secara online untuk mendaftarkan diri sebagai investor. Opsi secara offline sebenarnya bisa dipilih, namun lebih rumit karena harus mengirimkan dokumen fisik dan lain sebagainya.

✅REKOMENDED:  Perdagangan Forex Indonesia

Membeli Reksadana saham secara online jauh lebih praktis dan efisien karena prosesnya dilakukan secara digital. Anda hanya tinggal mengunggah salinan dokumen pribadi, email hingga nomor ponsel aktif hingga mendapatkan akun.

 

2. Deposit Sejumlah Dana untuk Investasi Awal

Setelah mendapatkan akun, langkah selanjutnya adalah melakukan deposit berupa sejumlah dana untuk melakukan proses pembelian. Sebelumnya, Anda bisa memilih jenis reksadana terlebih dahulu berdasarkan beberapa kriteria sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Kriteria tersebut bisa dilihat dari jumlah total pengelolaan dana, tawaran return per tahunnya, hingga konvensional atau syariah. Pastikan Anda telah mengerti aturan dasar dalam berinvestasi agar ke depannya lebih mudah.

 

3. Membeli Produk Investasi

Membeli Reksadana saham bisa dilakukan, setelah Anda menjatuhkan pilihan dengan menggunakan beberapa kriteria sebagai bahan pertimbangan. Karena prosesnya menggunakan aplikasi atau situs web, Anda hanya tinggal melakukan beberapa langkah saja.

Proses pembelian biasanya hanya dilakukan dengan cara menekan tombol “Buy”, mengisi besaran jumlah pembelian, dan konfirmasi. Tunggu prosesnya yang memakan waktu 1-2 hari kerja hingga pembelian tersebu dinyatakan telah berhasil.

 

Baca juga : Tips dan Cara Membeli Saham IPO Untuk Pemula

 

Keuntungan Reksadana Saham dalam Jangka Panjang

Seperti bentuk investasi pada umumnya, reksadana juga menjanjikan keuntungan kepada para investornya untuk jangka panjang. Beberapa di antaranya jumlah return atau pengembalian yang tinggi, hingga melewati menikmati kebebasan secara finansial.

✅REKOMENDED:  Lengkap! Cara Menghitung Bunga Deposito

 

1. Mendapatkan Hasil Berupa Return yang Tinggi

Membeli Reksadana saham dengan tujuan untuk berinvestasi dalam jangka panjang, dinilai sangat menguntungkan para investor. Di mana mereka biasanya akan mendapatkan imbal balik (return) yang tinggi, sesuai dengan besaran investasinya.

Investasi dalam jangka panjang sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki tabungan di masa depan. Terlebih jika reksadana saham yang dibeli berasal dari perusahaan-perusahaan top, tentu keuntungannya juga lebih besar.

 

2. Menikmati Kebebasan Finansial Secara Penuh

Kebebasan dari sisi finansial memiliki artian bahwa, seorang individu telah tercukup secara materi tanpa merasa khawatir. Hal inilah yang bisa dirasakan oleh pemilik saham jika investasinya dilakukan dalam jangka panjang.

Terlebih jika hal tersebut didapatkan ketika usia masih muda, tentu keuntungannya akan semakin berlipat ketika memasuki usia pensiun. Saham-saham dalam bentuk reksadana tersebut bisa menjadi penghasilan tambahan selain pemasukan utama.

 

Aplikasi Pilihan untuk Membeli Reksadana Saham Bagi Pemula

Membeli Reksadana untuk Pemula
Membeli Reksadana untuk Pemula

Ada beberapa cara untuk melakukan pembelian Reksadana saham prosesnya dilakukan secara online lewat aplikasi. Mulai dari Bibit, IPOT, hingga Stockbit dengan kelebihan dari fiturnya masing-masing untuk investor pemulai maupun ahli.

 

1. Aplikasi Bibit

Membeli Reksadana saham di platform Bibit sangat mudah dilakukan karena prosesnya sangat sederhana dan tidak rumit. Ditambah dengan tampilan antarmukanya yang sangat intuitif, pengguna bisa langsung bertransaksi sesuai profil resikonya.

✅REKOMENDED:  Tips dan Cara Beli Saham IPO Untuk Pemula

Salah satu kelebihan yang ditawarkan adalah biaya investasinya bisa dimulai hanya dengan Rp100 ribu saja. Hal ini Tentu sangat memudahkan investor pemula seperti kaum millenial untuk memulai investasinya sejak dini.

 

2. Aplikasi IPOT FUNDS

IPOT merupakan aplikasi investasi yang berada di bawah naungan PT Indo Premier Sekuritas yang terdaftar di OJK. Sama seperti Bibit, IPOT juga memiliki tampilan antarmuka yang baik sehingga memudahkan penggunanya.

Proses pembelian tersebut bisa dilakukan lewat aplikasi khusus bernama IPOT FUND khusus untuk produk reksadana. Anda juga tidak dibebani minimal biaya tertentu untuk setoran awal, sehingga bisa dilakukan oleh pemula.

 

3. Aplikasi Ajaib Sekuritas

Membeli Reksadana saham lewat Ajaib juga sangat menguntungkan karena telah terdaftar secara resmi di OJK. Aplikasi yang juga didukung oleh perusahaan investasi SoftBank ini menjalin kemitraan dengan manajer investasi terbaik.

Tidak ada biaya transaksi saat melalukan pembelian hingga penjualan reksadana, sehingga sangat memudahkan investor pemula. Selain itu, semua prosesnya juga ditunjang dengan tampilan aplikasi yang bersih dan memudahkan ketika dinavigasi.

Sebagai tabungan di masa depan, investasi yang dilakukan dalam jangka panjang memang sangat menguntungkan. Selain komoditas fisik seperti emas dan properti, membeli Reksadana saham juga bisa menjadi pilihan yang tepat.