Mengetahui Tips dan Cara Investasi Emas yang Aman

Sulawesinews.com – Sudah sejak lama, banyak orang memilih cara investasi emas untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Hal ini karena harga emas cenderung terus mengalami peningkatan sehingga semakin lama disimpan maka harganya akan semakin mahal.

Advertisement

Salah satu cara untuk menjamin masa depan yang lebih baik adalah dengan melakukan investasi. Saat ini ada banyak pilihan instrument investasi yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah emas.

Advertisement

Emas tidak hanya dikenal sebagai perhiasan saja. Akan tetapi emas juga menjadi salah satu instrument investasi yang sangat menguntungkan. Tidak heran jika semakin hari semakin banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi dengan emas.

Untuk bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar, Anda perlu tahu cara investasi emas dengan benar terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir adanya kemungkinan kerugian dari investasi yang Anda lakukan.

Sebelum memulai untuk berinvestasi emas, pastikan Anda telah mengetahui beberapa tips penting seperti di bawah ini. Simak penjelasan lengkap berikut ini.

 

 

Paling Banyak Dibaca :

 

Tips dan Cara Investasi Emasi yang Aman untuk Pemula

Advertisement

Agar investasi emas Anda bisa berjalan dengan aman dan tanpa risiko, penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memulai investasi. Di antaranya adalah :

 

  1. Tentukan Tujuan Investasi Emas

Sebelum mulai berinvestasi, pastikan Anda telah memiliki tujuan yang jelas. Hal ini penting dilakukan agar Anda memiliki target yang jelas apakah untuk tabungan pendidikan, pernikahan atau simpanan di hari tua.

 

  1. Pantau Perkembangan Emas

Cara investasi emas yang aman selanjutnya adalah pantau perkembang harga emas secara berkala. Meskipun termasuk salah satu instrument investasi yang cenderung stabil, akan tetapi tidak jarang harga emas juga mengalami penurunan.

Advertisement

Maka dari itu penting mengetahui perkembangan harga agar tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut

 

  1. Beli Emas di Tempat yang Terpercaya

Untuk memastikan kualitas emas yang Anda beli bagus, maka pastikan membeli di tempat yang terpercaya. Salah satu contohnya adalah Anda bisa membeli di PT Antam jika menginginkan emas batangan dalam berbagai pilihan yang bisa dipilih sesuai keinginan.

 

  1. Simpan di Tempat yang Aman

Satu lagi cara investasi emas yang benar adalah simpan di tempat aman. Jika ingin menyimpan di rumah, maka Anda bisa memilih meletakkannya di dalam brankas. Akan tetapi jika ingin lebih aman, Anda bisa menyimpan di bank yang menawarkan fasilitas safe deposit box.

 

Rekomendasi : 5 Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik, Investasi Hanya Lewat Handphone Saja!

 

Keuntungan Investasi Emas yang Wajib Anda Ketahui

Emas termasuk salah satu instrument investasi yang nilainya cenderung stabil jika dibandingkan dengan investasi jenis lainnya. Tidak heran jika logam mulia ini menjadi salah satu jenis investasi yang digemari banyak orang.

Cara investasi emas juga menawarkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah emas mampu mempertahankan kekayaan. Harga emas cenderung stabil bahkan mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu, bahkan saat terjadi inflasi atau krisis ekonomi, harga emas justru cenderung meningkat.

Emas juga termasuk instrument investasi yang mudah untuk dicairkan. Hal ini karena emas memiliki likuiditas tinggi sehingga bisa dijual kapan saja dengan mudah. Dengan keuntungan ini, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu membutuhkan uang tunai.

Belajar cara investasi emas juga bisa membuat Anda lebih aman dari risiko ketidakpastian politik dan ekonomi. Contohnya saat pandemic Covid-19 seperti sekarang ini, investor yang memiliki emas cenderung lebih berhasil mempertahankan kekayaannya.

Emas juga sering dipandang sebagai investasi diversifikasi. Maksudnya adalah emas mampu menambahkan komponen diversifikasi ke fortofolio Anda. Hal ini karena emas cenderung lebih stabil dan tidak terpengaruh oleh inflasi atau penurunan dolar AS.

 

Kerugian Investasi Emas yang Perlu Diketahui

Seperti halnya instrument investasi jenis lainnya, cara investasi emas tidak hanya menawarkan keuntungan akan tetapi juga memiliki risiko. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk memilih berinvestasi dengan emas, perhatikan dulu beberapa kerugiannya juga.

Salah satu kerugian investasi emas yang perlu Anda ketahui adalah emas bisa hilang. Hal ini khususnya jika Anda memilih menyimpan emas di rumah karena rawan diambil oleh maling. Jika ingin lebih aman, Anda bisa memilih menyimpan di bank dengan fasilitas SBD.

Kerugian selanjutnya yang perlu Anda ketahui sebelum memulai cara investasi emas ini adalah nilai buyback rendah. Hal ini khususnya jika Anda memilih investasi emas batangan karena bank biasanya tidak mau membeli emas yang sudah pernah dijual.

Meskipun cenderung stabil, akan tetapi dalam beberapa kesempatan harga emas juga bisa mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini menjadi risiko tersendiri yang membuat investor harus terus memantau pergerakan harga emas sebelum melakukan transaksi.

 

Emas bukan hanya bisa menjadi perhiasan yang cantik saja. Akan tetapi, emas juga bisa menjadi salah satu instrument investasi yang menawarkan keuntungan. Maka dari itu, pastikan tahu cara investasi emas yang aman dan benar agar bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

. Cara investasi Emas

 

Advertisement

✅REKOMENDED:  Apakah BI Checking Penting? Cek berapa Skor BI Checking disini