Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Karena Virus Omicron

Pada saat masa pandemic seperti ini, banyak sobat SNews yang terpapar virus Corona varian Omicron. Memang tidak bisa di pungkiri bahwa kita saat ini, mau tidak mau hidup berdampingan dengan Virus Corona.

Saat terpapar virus ini, biasanya pasien akan merasakan sakit tenggorokan yang amat sangat. Tengorokan terasa gatal dan perih, serta terkadang ingin batuk-batuk. Hal ini disebabkan oleh gejala Covid-19 varian Omicron yang telah menjadi penyebab utamanya.

 

Dilansir dari Everyday Health pakar kesehatan di Inggris mengatakan bahwa ada sebanyak 53 persen orang yang positif Omicron, merasakan gejala sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Jumlah pasien yang mengalami sakit tenggorokan pada varian Omicron, lebih banyak daripada jumlah pasien pada varian Delta.

Gejala ini dirasa sangat mengganggu penderita karena menyebabkan rasa nyeri saat menelan makanan atau minuman.

 

Varian Omicron Menyebabkan Sakit Tenggorokan

Penderita Covid-19 varian Omicron banyak yang merasakan gejala sakit tenggorokan karena Omicron cenderung lebih menginfeksi saluran pernapasan bagian atas.

Perbedaan dengan varian Delta adalah bahwa varian Delta menginfeksi saluran pernapasan bawah dan sampai bisa menyerang paru-paru.

Berdasarkan pengamatan para tenaga kesehatan, varian Omicron lebih sering menginfeksi saluran pernapasan bagian atas, dan juga lebih mudah menular dibandingkan varian virus corona lainnya. Jadi, sebaiknyalah kira tetap mentaati protocol kesehatan kapan pun dan dimanapun untuk menekan penyebaran virus varian ini.

Lama atau tidaknya penderita mengalami sakit juga dipengaruhi oleh status Vaksinasi dan kondisi kesehatan penderita itu sendiri.

✅REKOMENDED:  Cara Daftar dan Cek Apakah Anda Penerima Bansos PKH 2022

Bagi penderita yang belum mendapatkan vaksinasi, sakit tenggorokan bisa bertahan sampai sekitar dua minggu. Sedangkan bagi  penderita yang sudah menerima vaksin Covid-19, sakit tenggorokan biasanya dapat membaik atau sembuh dalam waktu kurang lebih seminggu.

Baca juga : Kabar Omicron Terbaru dari WHO yang Perlu Anda Ketahui

 

 

Pencegahan sakit tenggorokan akibat Varian Omicron

Menurut Dokter spesialis THT di Silicon Valley AS Jerome Hester, MD – berbagi mengenai bagaimana cara mengobati sakit tenggorokan karena Covid-19 dan bisa dilakukan di rumah.

 

Berikut beberapa cara pengobatan sakit tenggorokan yang bisa di lakukan dengan mudah dari rumah:

 

1. Minum Banyak Cairan

Jika pasien mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh varian Omicron. Maka tubuh  penderita akan mengalami peradangan dan memproduksi lendir lebih banyak untuk mengeluarkan virus yang sedang berada di dalam tubuh. Hal ini juga bisa menyebabkan sakit ditenggorokan semakin menjadi karena ada juga virus yang bersarang di tenggorokan.

Minum banyak cairan adalah salah satu cara yang bisa membantu merangsang keluarnya  lendir yang menempel di bagian dinding tenggorokan dan langit-langit mulut. Dengan cara inilah iritasi yang ditimbulkan bisa diminimalisir.

Mengkonsumsi banyak cairan juga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, serta  bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara alami ketika sakit.

Jika Anda sedang mengalami sakit tenggorokan, maka sebaiknya Anda minum air dalam kondisi suhu ruang dan bukan air es. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan tenggorokan dan juga untuk meringankan rasa nyeri.

✅REKOMENDED:  Daftar Bansos 2022 yang akan Cair, Anda Kebagian yang Mana?

Selain itu, minum air es pada saat batuk bisa memicu Anda batuk lebih parah lagi dan mengakibatkan iritasi tenggorokan menjadi semakin parah. Nah, agar tenggorokan Anda menjadi lebih nyaman, Anda bisa mencoba minum air hangat yang diberi satu sendok teh madu dan sedikit perasan jeruk lemon.

 

Baca Juga : 10 Superfood Terbaik Untuk Tubuh 

 

2. Pantangan sakit tenggorokan yang harus dihindari

Saat Anda mengalami sakit tenggorokan, ada beberapa pantangan yang harus di hindari agar peradangan tidak menjadi parah.

Beberapa makanan dan minuman yang harus di hindari :

  • Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol bisa menyebabkan dehidrasi dan juga kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.

  • Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Hindari juga makanan dan minuman tinggi gula, seperti minuman kemasan atau segala jenis makanan hidangan penutup.

  • Hindari Asupan Kafein

Saat mengalami sakit tenggorokan, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein. Seperti kopi, teh, coklat, soda, atau minuman berenergi. Karena minuman berkafein bisa membuat penderita menjadi tidak focus dan susah untuk beristirahat (tidur).

 

3. Perbanyak istirahat

Saat Anda mengalami sakit batuk dan pilek akibat varian Omicron, tidur dan istirahat yang berkualitas sangatlah penting untuk proses pemulihan tubuh. Ketika Anda sakit, tubuh akan membutuhkan banyak energi untuk melawan segala jenis penyakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli dari University of Washington, membuktikan bahwa proses penyembuhan penyakit akibat infeksi virus seperti flu, sakit kepala, dan demam – akan sangat terbantu dengan melakukan banyak istirahat yang cukup.

✅REKOMENDED:  Ayo Daftar Kartu Prakerja, Cairkan Insentif 2,4juta pada Gelombang 47 dan Gelombang 48

Pada saat tubuh terinfeksi virus, maka tubuh akan menghasilkan  banyak protein AcPb ekstra. Dan ketika Anda tidur, protein ini akan berinteraksi dengan zat kimia yaitu sistem kekebalan tubuh yang disebut interleukin-1. Kedua zat inilah yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhkan saat tubuh Anda melakukan istirahat.

 

 

4. Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Pada saat Anda mengalami sakit tenggorokan, biasanya nafsu makan akan menurun drastis. Tetapi cobalah untuk tetap makan dan minum secara teratur walaupun dengan porsi kecil. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, bisa membantu tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat imun menjadi lebih kuat.

Untuk informasi lengkap mengenai Pola Makan Terbaik saat pasien Omicron sedang melakukan karantina, bisa di baca di sini :

Pola Makan Pasien Omicron Agar Cepat Pulih

 

Perlu diperhatikan bahwa dalam masa pandemi seperti ini, menjaga asupan makanan dan minuman yang bergizi lengkap dan seimbang adalah sangat penting. Karena dengan begitu daya tahan tubuh akan lebih cepat pulih.

Tetapi jika Anda sudah mengkonsumsi beberapa makanan atau minuman untuk mengobati sakit tenggorokan karena Covid-19 di atas. Tetapi rasa nyerinya masih tak tertahankan, maka cobalah berkonsultasi lewat layanan Telemedicine atau segera pergi ke Dokter. ***