Sebelum Mulai Investasi Bitcoin, Perhatikan Dulu 3 Aspek Berikut

Cryptocurrency seperti Bitcoin saat ini dianggap sebagai salah satu investasi yang paling menjanjikan. Pasalnya, harga Bitcoin bisa naik.

Sayangnya, tergoda oleh keuntungan besar, investor pemula telah mengabaikan banyak aspek penting yang perlu di perhatikan dalam berinvestasi di Bitcoin.

Pada akhirnya, mereka mengalami kerugian besar. Perlu diingat bahwa investasi paling mendasar dalam Bitcoin adalah memilih layanan yang diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

 

Baca juga : Keunggulan Investasi Bitcoin di Indonesia, Anda bisa Jadi Jutawan

 

Bitcoin adalah cryptocurrency yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto (nama samaran) pada tahun 2009. Bitcoin adalah aset digital dengan kinerja tertinggi dengan pendapatan tahunan sebesar 230% dari Maret 2011 hingga Maret 2021. Angka ini bisa membuat orang tertarik untuk berinvestasi di Bitcoin.

Menurut surat Menko Perekonomian nomor S-302/M.EKON/09/2018, Bitcoin dan aset kripto lainnya dapat digunakan sebagai alat investasi termasuk sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka. Perdagangan kriptografi di Indonesia disetujui dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

✅REKOMENDED:  Lima Langkah Mudah Berinvestasi, Cocok Bagi Generasi Z

Berikut ini, ada tiga aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih produk investasi kripto. Ini adalah ulasan lengkapnya.

Sebelum Memulai Investasi Bitcoin
Sebelum Memulai Investasi Bitcoin

 

Aspek Sebelum Memulai Investasi Bitcoin

 

1. Menyesuaikan dengan kebutuhan investasi

Setiap investor memiliki kebutuhan, tujuan, cara berpikir dan gaya investasi yang berbeda. Strategi yang berbeda juga diperlukan untuk setiap produk investasi. Oleh karena itu, harap pahami terlebih dahulu hal-hal tersebut sebelum berinvestasi.

Misalnya, trading harian bukanlah model yang cocok bagi mereka yang tidak ingin mengambil risiko tinggi, dan ingin melakukan investasi jangka panjang, serta tidak memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang Bitcoin.

Ini juga merupakan salah satu faktor kunci yang harus dimiliki investor. Karena dalam investasi Bitcoin, ada banyak hal yang harus di perhatikan, mulai dari keamanan aset, legalitas, rekrutmen, jumlah pengguna hingga aspek lain yang dapat mempengaruhi harga Bitcoin.

✅REKOMENDED:  Kenali Pengertian dan Ciri Saham Gorengan

 

2. Teliti sebelum berinvestasi

Suatu waktu, terkadang Anda bisa mendapatkan Bitcoin dengan harga murah. Misalnya di awal minggu atau saat Bitcoin mencapai garis support atau harga terendah. Selain itu, harga Bitcoin dapat dipengaruhi oleh orang-orang terkenal dan berpengaruh.

Karena kondisi tersebut, Anda sangat perlu membaca situasi pasar dan memperhatikan untuk menemukan informasi terbaru terkait Bitcoin. Dengan cara ini, Anda dapat membeli Bitcoin saat harganya rendah dan menjualnya kembali saat harganya tinggi.

 

Baca juga : Investasi Crypto Untuk Pemula, Perhatikan Hal Ini

 

3. Berinvestasi secara konsisten

Anda dapat menabung sejumlah kecil Bitcoin, tetapi secara teratur dan konsisten. Dalam dunia investasi Bitcoin, strategi ini dikenal dengan Dollar Cost Averaging (DCA).

Jika Anda mencari keuntungan jangka panjang dan tidak punya banyak waktu untuk memantau harga pasar, maka Anda bisa menerapkan strategi DCA. Ini berarti Anda dapat menabung Bitcoin dalam jumlah kecil secara teratur dan konsisten.

✅REKOMENDED:  Investasi Crypto untuk Pemula, Perhatikan Dulu Hal Ini

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan harga rata-rata yang tidak terpengaruh oleh pasang surut harga pasar.

 

 

Bahaya Bitcoin

Mengutip publikasi United States House Committee on Small Business, Investasi Bitcoin dapat menimbulkan celah bagi kriminalitas untuk melakukan tindak tindak pidana pencucian uang dan transaksi ilegal lainnya.

Sebagai contoh, Bitcoin digunakan sebagai alat pembayaran pada Februari 2011 hingga Oktober 2013. Anonimitas Bitcoin mendukung orang untuk membeli barang secara ilegal dengan cara yang serupa dengan penggunaan uang tunai untuk transaksi ilegal.

Badan Intelejen FBI pernah ​​​​menyita semua Bitcoin yang terkait dengan Silk Road dengan total mencapai 26.000 BTC atau senilai US $ 3,6 juta. FBI juga menutup situs-situs ilegal tersebut.

 

Baca juga : Ingin Profit, Kuasai Cara Profit Trading Sekarang

 

Itulah sekilas informasi jika Anda ingin memulai Investasi Bitcoin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.***

. Investasi Bitcoin