Strategi Investasi Saham Warren Buffet yang Bisa Ditiru

Strategi investasi saham yang dilakukan oleh Warren Buffet telah menjadi panutan bagi kebanyakan investor di seluruh dunia. baik pemula maupun profesional, teknik berinvestasi milik miliarder asal AS itu selalu ditiru.

 

Siapa yang tidak kenal dengan Warren Buffett.

Buffet sendiri dikenal sebagai investor yang memilih untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Keahlian yang membuat dirinya dihormati adalah kemampuannya melakukan analisis fundamental saham dan lainnya.

Salah satu kutipan Warren Buffett yang paling penting tentang investasi yang dapat Anda jadikan acuan dalam bisnis ini adalah :

“Jika Anda tidak ingin memiliki saham selama sepuluh tahun, jangan pernah berpikir untuk memilikinya selama sepuluh menit.” – Warren Buffett

 

Buffett tidak memilih saham hanya karena dia pikir harganya akan naik minggu ini, bulan ini, atau bahkan tahun ini. Tetapi Buffett membeli saham karena dia ingin memiliki bisnis tersebut untuk jangka panjang. Dia masih sering menjual saham dan untuk berbagai alasan tetapi sebagian besar investasinya adalah dilakukan dengan pola pikir untuk memilikinya selamanya. Dan, jika Anda tidak bisa masuk ke dalam mentalitas “selamanya” dengan saham Anda, Buffett menyebut investasi set-it-and-forget-it seperti dana indeks S&P 500 sebagai investasi terbaik yang bisa dilakukan kebanyakan orang.

Berikut beberapa tips dalam ber-Investasi Saham ala Buffett yang bisa Anda tiru.

Strategi Investasi Saham Warren Buffet
Strategi Investasi Saham Warren Buffet

 

Strategi Investasi Saham Ala Warren Buffet Agar Cepat Cuan

Buffet merupakan tipikal investor yang merinci setiap detail dari sebuah perusahaan, sebelum memutuskan untuk membeli sahamnya atau tidak. Caranya adalah dengan membuat kriteria khusus, mengenali industrinya, hingga melihat suasana hati.

✅REKOMENDED:  Pasar Kripto Ketar-Ketir, Simak Saran Bos Indodax untuk para Trader

 

1. Berinvestasi hanya kepada perusahaan yang dikenal

Cara satu ini merupakan salah satu langkah awal dari seorang Warren Buffet ketika memutuskan untuk berinvestasi. Sebelum melakukan hal tersebut, dirinya benar-benar harus mengenal keseluruhan bisnis perusahaan tersebut secara fundamental.

Strategi investasi saham ini terbukti mengantarkan dirinya menjadi investor hebat. Teknik ini bisa Anda tiru dengan cara melihat mengenali fundamental dari bisnis perusahaan tersebut, yang kemudian dipertimbangkan untuk membeli sahamnya.

 

2. Menetapkan kriteria tertentu sebelum memutuskan berinvestasi

Kriteria di sini ditentukan berdasarkan kinerja bisnis sebuah perusahaan secara umum. Bentuknya bisa bermacam-macam, seperti nilai pergerakan sahamnya di masa depan, harga jual maupun beli yang murah, dan lain sebagainya.

Anda bisa saja mengakuisisi saham sebuah perusahaan dengan kriteria tertentu, tanpa harus meniru teknik Warren Buffet. Hanya saja, cara-cara tersebut bisa digunakan sebagai referensi karena kondisi pasar modal senantiasa berubah-ubah.

 

3. Jangan beli saham jika tidak merasa yakin

strategi investasi saham terbaik yang bisa dicontoh dari seorang Warren Buffet adalah soal keyakinan hati. Investor hebat asal Nebraska, Amerika Serikat itu tidak terburu-buru dalam berinvestasi jika tidak merasa yakin.

Teknik ini bisa Anda aplikasikan agar tidak selalu terburu-buru dalam berinvestasi ke sebuah perusahaan. Masalah keyakinan hati berkaitan erat dengan intuisi, sehingga prosesnya harus selalu diasah untuk memutuskan hasil terbaik.

✅REKOMENDED:  Trading Forex Gratis Modal Tanpa Deposit

 

 

Cara Lain untuk Berinvestasi dalam Jangka Panjang

Investasi Jangka Panjang
Investasi Jangka Panjang

Strategi investasi saham dalam jangka panjang merupakan salah satu teknik favorit dari seorang Warren Buffet. Dirinya secara disiplin selalu membeli saham kemudian menahannya, serta mampu mengenali perbedaan harga dan nilai.

 

1. Beli dan tahan

Membeli kemudian menahan dalam jangka waktu tertentu, merupakan Teknik terbaik Warren Buffet selama berinvestasi. Dirinya beranggapan bahwa bisnis yang berkualitas menghasilkan pengembalian tinggi, sehingga nilainya meningkat dari waktu ke waktu.

Oleh sebab itu, dirinya menyarankan agar berinvestasi dalam jangka panjang terhadap perusahaan yang tepat. Langkah ini sangat tepat untuk diaplikasikan di pasar modal jika Anda menginginkan pengembalian keuntungan berlipat ganda.

 

2. Mengenali perbedaan antara harga dan nilai

Strategi investasi saham berikutnya adalah kemampuan untuk mengenali perbedaan antara harga dan nilai, Kedua hal ini sekilas tampak sama, namun memiliki makna yang sangat berjauhan jika dilihat secara lebih seksama.

Menurut Buffet, harga adalah apa yang Anda bayarkan serta nilai merupakan hasil yang didapatkan. Meski terkesan sederhana, cara ini bisa membuat Anda untuk berinvestasi secara bijaksana tanpa tergiur hasil instan.

 

3. Belajar dari investor berpengalaman

Meski guru terbaik dalam kehidupan adalah pengalaman, seorang Warren Buffet bahkan membutuhkan seorang mentor agar sukses. Oleh sebab itu, salah satu faktor kesuksesannya dalam berinvestasi adalah menemukan guru yang tepat.

Sama dengan Anda, temukan mentor atau investor berpengalaman yang profesional untuk diambil ilmunya. Pelajari kiat-kiat suksesnya dalam berinvestasi, kemudian kembangkan dan gabung sesuai dengan kemampuan individual dari diri Anda sendiri.

✅REKOMENDED:  INVESTASI SAHAM JUGA HARUS PUNYA STRATEGI DONG!

 

Baca juga : Tips Trading Saham Harian

 

Alasan Warren Buffet Menjadi Panutan dalam Berinvestasi

strategi investasi saham yang dilakukan oleh Warren Buffet memang telah sukses menginspirasi banyak investor baru. Oleh sebab itu, ada beberapa alasan yang tepat jika mengambil sosoknya sebagai panutan dalam berinvestasi.

1. Strateginya investasinya terbukti sukses

Strategi dari seorang Warren Buffet selama berinvestasi, telah terbukti menuai kesuksesan di mana-mana. Dirinya juga menyarankan agar menjadikan fokus serta kesabaran sebagai kunci utama untuk meraih kesuksesan ketika membeli saham.

Saran terbaik lainnya yang masih diterapkan hingga saat adalah menjadikan investasi sebagai kegiatan menyenangkan. Dengan menikmati setiap prosesnya, Anda secara tidak langsung akan melatih kepekaan serta intuisi dalam membaca pasar.

2. Punya metode berinvestasi yang unik

Strategi investasi saham dengan memanfaatkan momentum, juga merupakan salah satu teknik dari Warren Buffet. Secara konsisten, dirinya tidak pernah gegabah dalam membeli dan kemudian menahan meski kebanyakan investor justru melepaskannya.

Gaya berinvestasi yang unik dan tidak biasa itu ternyata menjadi jalan untuk kesukesannya. Anda juga bisa meniru cara serupa dengan membeli dan menahannya, kemudian menunggu momen yang tepat untuk menjualnya.

Berinvestasi dengan mengikuti cara-cara yang dilakukan oleh Warren Buffet memang tidak langsung mendatangkan keuntungan besar. Anda bisa mempelajari kinerja dari strategi investasi saham tersebut, kemudian dikombinasikan dengan kemampuan diri sendiri.***