Wajib Tahu, Syarat Daftar Kartu Prakerja

Sulawesinews.com – Pendaftaran Kartu PraKerja sudah ditutup. Namun, jika Anda ingin mendaftar sebelum dibuka, Anda dapat mendaftar akun di laman www.prakerja.go.id.

 

Jika Anda tertarik dengan pendaftaran kartu Prakerja, silakan kunjungi situs https://dashboard.prakerja.go.id/register dan daftar dari sekarang.

Di sisi lain, jika Anda sudah memiliki akun prakerja, silakan klik “Gabung”. Dan nanti bisa langdung mengikuti seleksi saat Program Kartu Prakerja Gelombang Baru dibuka.

 

“Teman-teman Prakerja pastikan sudah membuat akun di situs resmi www.prakerja.go.id sambil menunggu gelombang berikutnya dimulai ya,”

– tulis akun Instagram @prakerja.go.id.

 

Baca juga : Aplikasi Test Buta Warna, Praktis dan Gratis

 

Lalu bagaimana cara mendaftar Kartu Prakerja?

 

 

Sebelum mendaftar kartu Prakerja, Anda perlu mengetahui beberapa persyaratan berikut.

Berikut Persyaratan Pendaftaran Kartu Prakerja dikutip dari situs resmi prakerja.go.id yang perlu Anda siapkan.

 

Baca juga : Apakah BI Checking Penting, Cek Berapa Skor BI Checking Disini

✅REKOMENDED:  Cek Nama Penerima Bansos BPNT 2022 Online Pakai Nama KTP

 

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Syarat pertama yang harus Anda penuhi adalah terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Kartu Tanda Penduduk (KTP) diperlukan sebagai bukti untuk ini.

 

 2. Berumur 18 tahun ke atas 

Selain menjadi warga negara Indonesia, Anda harus berusia minimal 18 tahun. Anak berusia 18 tahun dianggap sebagai orang dewasa dan sudah tidak memerlukan wali, sehingga dapat menjalankan program ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

 3. Tidak sedang mengenyam pendidikan formal 

Saat mengajukan kartu prakerja, pastikan Anda tidak sedang mengenyam pendidikan formal, baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Selama Anda adalah seorang pelajar, maka Anda tidak akan dapat berpartisipasi dalam program ini.

 

4. Belum Pernah Menerima Bansos (DTKS, BSU, BPUM) 

Untuk mendaftar Kartu Prakerja, pastikan Anda juga tidak sedang menerima bantuan sosial dari pemerintah. Seperti Bansos DKTS, BSU, atau BPUM (Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro).

✅REKOMENDED:  10 Superfood Terbaik untuk Tubuh

 

5. Bukan anggota TNI/Polli, ASN, DPR/D, dan BUMN/D 

Selain itu, pastikan Anda juga bukan merupakan anggota TNI/Polli, ASN, DPR/DPRD, anggota BUMN/D, dan aparat/pejabat desa. Orang dengan status di atas tidak bisa didaftarkan di kartu prakerja.

 

Baca Juga : Aplikasi Penghasil Uang 50 Ribu Per Hari

 

6. Bukan peserta Kartu Prakerja tahun sebelumnya 

Penting untuk diketahui bahwa jika Anda telah mendapatkan Bantuan kartu Prakerja pada tahun 2021, maka Anda tidak akan dapat mendaftar ulang untuk angkatan tahun 2022.Hal ini dikarenakan upaya pemerataan penerima dan memberikan kesempatan bagi mereka yang gagal mendaftar pada tahun sebelumnya.

 

7. Per KK dibatasi hanya 2 Orang 

Seperti gelombang sebelumnya, setiap keluarga dibatasi hanya dua orang yang bisa mendaftar di kartu prakerja. Hal ini dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya untuk menghindari duplikasi peserta dan untuk pendistribusian penerima kartu prakerja  yang lebih luas.

✅REKOMENDED:  Cara Validasi NIK Jadi NPWP Via Smartphone

 

 

8. Kelengkapan data pribadi 

Persyaratan selanjutnya adalah Anda harus melengkapi Data Pribadi, antara lain : Sebuah. A. Memiliki kartu identitas (KTP) dalam kondisi bagus secara fisik.B. Nama, tanggal lahir, alamat sesuai KTPC. Memiliki nomor registrasi penduduk (NIK)D. Memiliki nomor Kartu Keluarga (KK)

 

9. Memiliki email dan nomor ponsel yang valid 

Anda akan menggunakan alamat email dan nomor ponsel Anda saat mendaftar nanti. Harap gunakan alamat email yang sesuai dengan nama lengkap Anda untuk memudahkan pendaftaran. Selain itu, mohon untuk tidak mengubah alamat email dan nomor ponsel Anda selama 5 bulan ke depan.

 

Baca juga : 5 Tips Solo Traveling di Masa Pandemi

 

Itulah Persyaratan untuk bisa Mendaftar Bansos Kartu Prakerja Gelombang Terbaru. Selamat Mencoba.***