5 Tips Solo Traveling di Masa Pandemi

Solo Traveling memang menjadi tren di masa pandemi. Selain rumitnya penjadwalan dan keputusan destinasi, traveling sendiri dinilai lebih aman dari segi kesehatan.

Advertisement

Fenomena ini diyakini terjadi karena semua orang mulai menuntut untuk lebih komprehensif dalam hal kesehatan dan keselamatan. Wisatawan yang bepergian sendiri sebaiknya berpikir matang-matang sebelum pergi berlibur. Minimnya pengalaman traveling sendirian di masa pandemi memaksa traveler membuat keputusan yang bijak.

Advertisement

Tapi jangan khawatir, masih banyak cara aman untuk berlibur sendirian.

 

Berikut ini beberapa tips solo traveling yang aman saat pandemi yang bisa kamu coba.

Advertisement

Tips Solo Travelling
Tips Solo Travelling

 

1. Survei pendahuluan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat traveling sendirian adalah riset. Karena traveling sendirian bukan berarti traveler bebas melakukannya tanpa persiapan.

Pastikan untuk mencari tahu di mana Anda ingin mengunjungi sehingga Anda dapat melakukan perjalanan pada waktu yang tepat. Cobalah untuk meminimalkan tujuan yang tidak perlu untuk mengurangi kontak fisik dengan zona rentan. Survei juga dapat membantu Anda memahami aturan setiap negara atau wilayah.

Padahal, ada aturan dan larangan bepergian ke beberapa negara dan wilayah di masa pandemi ini. Ada beberapa tempat yang perlu dikarantina terlebih dahulu oleh wisatawan. Karena itu, Anda perlu mengetahui aturan setempat untuk tujuan yang ingin Anda tuju.

  

2. Kurangi interaksi dengan orang

Jika sebelumnya Anda lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang selama liburan, sekarang Anda perlu mengurangi. Tidak ada jaminan bahwa Anda tidak akan tertular virus tersebut, namun setidaknya upaya bela diri seperti ini sedang dilakukan.Namun hal tersebut sudah tidak memungkinkan lagi di masa pandemi.

Anda perlu menjaga jarak dengan orang lain, mulai dari liburan menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum hingga ke tempat tujuan wisata. Upaya ini juga sedang dikampanyekan oleh pemerintah untuk physical distance.

 

3. Bawa alat pembersih

Selama liburan di tengah pandemi, sebaiknya selalu patuhi protokol kesehatan. Tentu saja, meski pergi sendiri, Anda tidak harus menerapkan protokol kesehatan selama liburan. Hal ini dilakukan agar Anda tetap bersih, sehat dan nyaman selama liburan. Bawa sekantong masker, hand sanitizer, disinfektan, obat-obatan dan kebutuhan lainnya untuk protokol kesehatan Anda.

Advertisement

 

Baca Juga : 17 Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia

 

4. Harap membawa dokumen Anda

Selama masa pandemi, ada beberapa aturan atau ketentuan penting untuk bepergian. Salah satunya adalah sertifikat bebas Covid-19 (swab test dan PCR) dan kartu vaksin. Jika Anda bepergian jarak jauh, Anda perlu membawa dokumen ini sebagai syarat akses transportasi seperti kereta api, pesawat dan kapal laut.

Penerapan syarat tersebut merupakan ketentuan yang sah dari pemerintah.  Tujuannya adalah untuk melindungi diri sendiri dan melindungi orang lain dari virus.

 

5. Optimalkan ponsel cerdas Anda

Yang terakhir adalah mengoptimalkan smartphone Anda. Tak bisa dipungkiri, kecanggihan smartphone memiliki banyak fitur saat bersolo karir. Ponsel cerdas membantu Anda tetap fleksibel dan tetap di tempat tujuan.

Smartphone dapat digunakan tidak hanya untuk komunikasi, tetapi juga sebagai alat untuk mencari tempat dan mengabadikan momen pengambilan gambar. Dengan teknologi kamera ponsel yang semakin canggih, Anda tidak perlu lagi membawa kamera profesional selama liburan. Dengan kata lain, smartphone adalah perangkat teknologi kelas atas yang harus selalu Anda bawa.

 

itulah beberapa Tips Solo Traveling di masa Pandemi yang bisa Anda terapkan agar bisa tetap bepergian dengan aman dan nyaman. Selain utamakan protokol kesehatan, Solo Traveling di masa Pandemi juga sangat menguntungkan karena banyak Hotel dan Tour Travel yang memberikan potongan harga di masa sekarang. Selamat berpetualang.***

Baca Juga : 9 Destinasi Wisata Solo Traveling di Indonesia

Advertisement

✅REKOMENDED:  17 Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia