Masa Berlaku NPWP Cuma Sampai Akhir Tahun, Validasi NIK Sekarang

Sulawesinews.com – Masa Berlaku NPWP hanya sampai akhir tahun, Validasi NIK menjadi NPWP Anda sekarang.

Direktorat Jendral Pajak (DJP) memberitahukan kepada masyarakat bahwa Pemerintah akan melanjutkan proses penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Yang kemungkinan akan mulai di terapkan mulai tanggal 1 January 2024 tahun depan.

Informasi dari Perwakilan Penyuluhan Pajak Ahli Pertama DJP, yaitu Bapak Iqbal Rahadian. Menjelaskan bahwa baik NIK maupun NPWP yang berjumlah 15 Digit akan bisa sama-sama di gunakan untuk mengakses masuk ke Layanan Administrasi Pajak. Yang mana hal ini sudah di mulai dan berlaku sejak tanggal 14 Juli 2022 hingga 31 Desember 2023 berdasarkan PMK112/2022.

✅REKOMENDED:  3 Bansos yang CAIR 2022

Jadi penggunaan format pelaporan pajak versi lama masih bisa di gunakan sampai per tanggal 31 Desember 2023.Nomor Induk Kependudukan (NIK) daoat dugunakan hanya sebatas untuk login di DJP Online.

Validasi NIK menjadi NPWP

Sebagai informasi terkini, sudah tercatat sebanyak 16 juta wajib pajak yang belum melakukan validasi untuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) per 10 January 2023. Sedangkan jumlah Wajib Pajak yang sudah tercatat melakukan validasi NIK adalah sebanyak 53 juta.

Untuk melakukan validasi NIK, para Wajib Pajak cukup hanya dengan mengakses DJP Online. Dan tidak perlu datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat.

Baca Juga : Cara Validasi NIK Menjadi NPWP dengan Smartphone

✅REKOMENDED:  Situs Latihan Soal CPNS Online Terbaik

Cara validasi NIK menjadi NPWP juga cukup mudah.

1. Pertama, Wajib Pajak hanya perlu melakukan Login ke DJP Online dengan meng-input nomor NPWP, password serta kode keamanan

2. Kemudian Wajib Pajak akan dapat mengakses Menu Utama DJP Online.

3. Silahkan Wajib Pajak memilih Menu Profil

4. Pada menu Profil, Wajib Pajak akan dapat melakukan Validasi Data berdasarkan informasi yang tertera.

5. Wajib Pajak juga akan bisa memasukan NIK pada kolom NIK / NPWP16

6. Jika semua data yang di minta sudah terisi lengkap, maka Waji Pajak harus klik tombol Validasi. Agar sistem pajak dapat mengsingkronkan data Wajib Pajak dengan data Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil/

✅REKOMENDED:  Cara Validasi NIK Jadi NPWP Via Smartphone

7. Setelah itu Wajib Pajak akan mendapatkan notifikasi jika data yang dimasukan Valid dan sesuai.